1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mengenang Sejarah di Rumah Pengasingan Soekarno Bengkulu

Beberapa benda peninggalan Bung Karno juga dijadikan benda bersejarah salah satunya kasur tempatnya tidur.

By Azalia Amadea 26 Oktober 2016 07:15
Rumah pengasingan Soekarno, Bengkulu (wisatabengkulucom)

Money.id - Keindahan Pantai Bengkulu sudah tidak diragukan lagi. Selain wisata pantainya, ada hal lain yang tidak kalah menarik di Bengkulu yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno yang juga populer sebagai salah satu lokasi wisata sejarah di kota tersebut.

Rumah Pengasingan ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Dikutip dari laman Kemdikbud, rumah ini dibangun tahun 1918 oleh Tjang Tjeng Kwat.

Awalnya, rumah tersebut adalah milik seorang pedagang Tionghoa yang bernama Lion Bwe Seng yang disewa oleh orang Belanda untuk menampung Soekarno selama diasingkan di Bengkulu.

Presiden RI pertama tersebut menempati rumah itu pada 1938-1942. Selama menempati rumah sederhana itu, Soekarno juga bertemu dengan gadis cantik asal Bengkulu yaitu Fatmawati yang kemudian ia jadikan istri.  

Kamar tidur Soekarno
© 2016 money.id/tripadvisor.com

Melansir laman telusurindonesia.com, Rabu 26 Oktober 2016, setelah Bung Karno tidak menempatinya lagi, Rumah Pengasingan dijadikan museum yang berisi barang-barang peninggalannya.

Hingga saat ini kondisi Rumah Pengasingan tersebut masih rapi dan terawat. Beberapa benda peninggalan Bung Karno juga dijadikan benda bersejarah yang masih dijaga keasliannya hingga saat ini.

Benda-benda tersebut seperti buku, lukisan, foto, sepeda, kursi, meja, hingga tempat tidur besi. Rumah itu juga dikelilingi oleh taman hijau yang cukup luas dan nampak asri. (poy)

Baca selengkapnya di sini!

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section