1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ternyata Ini 7 Manfaat Kesehatan Berjalan Tanpa Alas Kaki

Berjalan tanpa alas kaki membangun otot tetap aktif dan dapat membantu melancarkan aliran darah ke kaki.

By Azalia Amadea 20 Oktober 2016 07:15
Berjalan tanpa alas kaki (pixabay.com)

Money.id - Di zaman yang serba modern ini, kebanyakan orang sudah malas atau bahkan tidak mau lagi berjalan tanpa alas kaki. Selain alasan keamanan, banyak yang tidak mau berjalan tanpa alas kaki karena malu dilihat orang. Padahal, sebelum alas kaki ditemukan, dahulu orang berjalan dengan bertelanjang kaki namun mereka tetap hidup sehat.

Ternyata, berjalan tanpa alas kaki menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Melansir laman boldsky.com, Kamis 20 Oktober 2016, berikut adalah tujuh manfaat kesehatan yang didapat dengan berjalan tanpa alas kaki.

1. Meningkatkan keseimbangan otak

Semakin Anda sering menginjakkan telapak kaki ke tanah (alam), maka semakin otak akan menemukan keseimbangannya. Hal ini akan membuat sistem saraf berfungsi lebih baik.

2. Menguatkan otot kaki

Berjalan tanpa alas kaki membentuk otot kaki menjadi lebih baik, yang pada akhirnya akan membantu menjaga keseimbangan tubuh.

3. Menjaga kesehatan anak-anak

Diabetes dan obesitas menjadi masalah serius pada anak-anak dan salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membiarkan mereka berjalan tanpa sepatu. Hal ini juga membantu otak dan indera mereka agar tetap dekat dengan alam.

4. Menjaga kesehatan kaki

Berjalan tanpa alas kaki akan membuat kaki selalu dalam kondisi prima dan juga menyembuhkan penyakit seperti arthritis. Masalah seperti kelainan bentuk ibu jari kaki (bunion) dan masalah jari kaki sulit diluruskan (hammertoe) juga bisa diatasi dengan berjalan tanpa alas kaki.

5. Sirkulasi darah membaik

Berjalan tanpa alas kaki membangun otot tetap aktif dan dapat membantu melancarkan aliran darah ke kaki. Darah yang mengalir lancar akan mengurangi rasa sakit sendi, menyembuhkan varises, dan lain-lain.

6. Mengurangi tekanan darah

Berjalan tanpa alas kaki merangsang saraf di bawah kaki serta membantu menurunkan tekanan darah.

7. Mengurangi peradangan

Berjalan tanpa alas kaki bisa mengurangi peradangan. Peradangan adalah penyebab untuk beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, asma, dan masalah kardiovaskular. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section