1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Waspada, Tas Tangan dan Tas Makeup Mengandung Bakteri Mematikan

Namun apakah Anda, pernah menyadari bahwa tas Anda mungkin menjadi sarang bakteri bahkan sarang penyakit yang bisa mengancam jiwa Anda?

By Dian Rosalina 21 Oktober 2016 17:15
Ilustasi Tas Tangan (gcrs)

Money.id - Hampir setiap hari dan setiap saat wanita memegang tas tangan yang mereka gunakan. Mereka menggunakannya untuk menyimpan segala keperluan, mulai dari ponsel hingga uang tunai.

Namun apakah Anda, pernah menyadari bahwa tas Anda mungkin menjadi sarang bakteri bahkan sarang penyakit yang bisa mengancam jiwa Anda? Dalam uji laboratoriaum, para ahli kesehatan menemukan bahwa tas makeup dan tas tangan wanita yang dipakai selama sedikitnya enam bulan mengandung bakteri mematikan.

Dikutip dari Dailymail, Jumat 21 Oktober 2016, koleksi tas makeup dan tas tangan wanita milik empat blogger kecantikan Inggris menjadi penelitian ketat. Dan sunggu tak diduga, semuanya positif mengandung bakteri jahat seperti Salmonella dan Cronobacter.

Bakteri Salmonella dapat menyebabkan keracunan makanan kronis, sementara Cronobacter adalah bakteri mematikan yang bisa menyebabkan meningitis natal neo.

Toko kecantikan online escentual.com menugaskan Departemen Mikrobiologi milik London Metropolitan University untuk melakukan penelitian terhadap kandungan kuman di tas tangan dan tas makeup miliki empat blogger Inggris, termasuk Ashleigh Dougherty, Nicola McCullough, dan Laura Murray.

Pengujian menunjukkan hasil yang mengejutkan. Para peneliti bisa membuktikan bahwa jika tas makeup tidak dibersihkan secara menyeluruh dengan produk anti-bakteri, maka akan menjadi tembat berkembang biaknya bakteri mematikan.

Sebagian besar tas yang diuji positif mengandung berbagai macam bakteri, seperti Serratia, Enterobacter, Aeromonas, Staphylococcus epidermidis. Pediococcus, Hafnia dan Proteus. Laura Murray, 33, pemilik blogger kecantikan lelore.com dari Faversham, Kent, menyerahkan tas kain birunya yang baru berusia enam bulan.

Eksterior tasnya dinyatakan positif Salmonella, yang bisa menyebabkan keracunan parah makanan, seperti diare, demam dan muntah yang berlangsung empat sampai tujuh hari.

Tas Laura juga dinyatakan positif Klebsiella pneumoniae, bakteri mematikan yang menyebabkan pneumonia, infeksi saluran kemih, septikemia, meningitis, diare, dan infeksi jaringan lunak. Bakteri lainnya adalah Enterococcus faecalis, sebuah patogen agresif yang menyebabkan meningitis, endokarditis dan septikemia, serta infeksi saluran kemih.

Sementara itu, bagian interior tas Laura dinyatakan positif Klebsiella pneumoniae - ini adalah bakteri yang lebih jahat dari Klebsiella yang menyebabkan pneumonia, infeksi saluran kemih, septikemia, meningitis, diare, dan infeksi jaringan lunak.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section