1. HOME
  2. NEWS
UNIK

Buah Ini Jadi Bahan Baku Pembuatan Koteka Papua

Cara pembuatan koteka tak begitu sulit. Bobbe tua dipetik, kemudian...

By Stella Maris 22 Oktober 2016 09:01
Seorang anak menggunakan koteka (Instagram @masramaa)

Money.id - Koteka adalah salah satu pakaian adat masyarakat Papua, untuk menutupi kelamin pria. Meski masih ada beberapa suku yang menggunakan koteka, namun seiring perkembangan zaman, pakaian tersebut hanya digunakan saat acara tertentu, misalnya upacara adat.

Namun tahukah Anda bahwa koteka terbuat dari kulit buah-buahan? Adalah labu air yang menjadi bahan pembuatan koteka dan masyarakat Papua menyebut labu sebagai bobbe.

Dikutip laman festivalbudayabaliem.com, labu air berbentuk lonjong memanjang, berwarna hijau, dan memiliki tekstur kulit yang keras.

Cara pembuatan koteka tak begitu sulit. Bobbe tua dipetik, kemudian salah satu ujungnya dipotong lalu daging labu tersebut dikeruk hingga semua isinya keluar, bersih, dan menyisakan lubang. 

Setelah dikeruk, koteka tadi akan dipanaskan di atas api hingga berubah warna menjadi kecokelatan, lalu dilanjutkan dengan proses penjemuran yang memakan waktu seharian.

Jika semua proses telah dilalui, maka pemasangan tali pada labu adalah proses akhir sebelum koteka siap digunakan. Di bagian kepala koteka biasanya juga dipasangkan bulu Kasuari atau Cendrawasih.

Selanjutnya >>> Ukuran koteka... Klik di sini! (poy)

 

BACA JUGA

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section