1. HOME
  2. NEWS
UNIK

Koin Langka Berusia 2.000 Tahun Ini Ditemukan di Yerusalem

"Koin ini 99 persen terbuat dari emas."

By Azalia Amadea 1 Oktober 2016 15:09
Koin langka (cnn.com)

Money.id - Para arkeolog telah menemukan koin emas di Yerusalem dengan gambar Nero, Kaisar Romawi yang terkenal kejam. Koin itu kemungkinan diproduksi saat bangsa Romawi menguasai kota pada tahun 63 SM setelah peristiwa Pengepungan Yerusalem.

"Koin ini luar biasa karena ini kali pertama koin langka seperti ini ditemukan di Yerusalem," kata Shimon Gibson, salah satu ketua tim penggalian, mengutip laman CNN, Sabtu 1 Oktober 2016. 

"Koin jenis ini biasanya hanya ditemukan sebagai koleksi pribadi, dimana kita tidak memiliki bukti yang jelas mengenai tempat asalnya."

Salah satu sisi koin, yang dikenal dalam bahasa Latin sebagai aureus, menunjukkan gambar Nero sebagai Caesar. Banyak kaisar Romawi menggunakan gelar Caesar atau Augustus yang berarti kaisar.

Tulisan di tepi koin berbunyi "Nero Caesar Avg Imp," mengacu pada nama dan posisinya. Sisi lain koin menunjukkan karangan bunga Ek dengan huruf "Ex S C" dan "Pontif Max Tr P III," yang mempermudah para arkeolog untuk mengetahui tahun pembuatan koin tersebut.

Emas Berkualitas Tinggi

Koin itu ditemukan di penggalian arkeologi yang berlokasi di Gunung Sion, selatan Kota Tua Yerusalem, dimana tim dari University of North Carolina-Charlotte telah melakukan penggalian sepanjang musim panas ini.

"Karena terbuat dari emas, koin tidak mengalami erosi," kata Rafael Lewis, seorang profesor arkeologi di University of North Carolina-Charlotte. "Anda dapat melihat nama Nero, fakta bahwa ia adalah seorang kaisar, dan semua data ada di sana. Setiap informasinya jelas. Tidak seperti koin perunggu atau perak, yang satu ini tidak rusak."

"Emas itu juga dari kualitas yang sangat tinggi. Kita berbicara tentang emas 24 karat," tambah Lewis. "Koin ini 99 persen terbuat dari emas."

Lokasi temuan menunjukkan bahwa rumah-rumah besar di wilayah itu mungkin milik pemuka agama kaya dan koin itu mungkin berasal dari salah satu rumah mereka.


Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section