1. HOME
  2. NEWS
JOKOWI

Jonan-Arcanda Resmi Pimpin Kementrian ESDM

Di era pemerintahan Jokowi-JK, posisi menteri ESDM ini sudah beberapa kali berganti, dan sempat menuai polemik.

By Rohimat Nurbaya 14 Oktober 2016 14:16
Menteri ESDM Ignasius Jonan (Setkab RI)

Money.id - Ignasius Jonan resmi dilantik menjadi menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sementara itu Arcandra Tahar ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri ESDM untuk mendampingi Jonan. Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jumat 14 Oktober 2016.

"Keputusan Presiden Republik Indonesia telah menetapkan untuk mengangkat Inasius Jonan sebagai menteri ESDM kabinet kerja dalam masa Jabatan 2014 disahkan di Jakarta 14 Oktober 2016 oleh Presiden Joko Widodo," saat pembacaan surat keputusan pelantikan Menteri ESDM dan Wakil Menteri ESDM.

Pada Juli 2016 lalu, Jonan sempat kena resuflle dari deretan menteri Jokowi-JK, posisinya digantikan oleh Budi Karya yang merupakan anak buah Presiden Jokowi sejak menjabat jadi Gubernur DKI Jakarta. Alasan Jonan digantikan oleh Budi Karya karena saat itu dianggap tidak maksimal menjalankan apa yang diperintahkan Jokowi.

Di era pemerintahan Jokowi-JK, posisi menteri ESDM ini sudah beberapa kali berganti, dan sempat menuai polemik. Awalnya posisi menteri ESDM dijabat oleh Sudiman Said kemudian digantikan oleh Arcandra Tahar. Namun baru saja beberapa hari menjabat langsung 'digoyang'. Arcandra diberhentikan karena dianggap memiliki dua kewarganegaraan.

Saat itu, posisinya digantikan oleh, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. Dia menjabat sebagai Plt Menteri ESDM. Kini Arcandra kembali ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Wakil Menteri ESDM.

"Keputusan Presiden Republik Indonesian, tentang pengangkatan Wakil menteri ESDM, presiden RI memutuskan dan menetapkan saudara Arcandra Tahar sebagai wakil menteri sesuai dengan peraturan perudangan, ditetapkan di Jakarta pada 14 Oktober oleh presiden RI Joko widodo," kata pembaca surat keputusan pelantikan dari Seskab.

Kemudian setelah dilakukan pembacaan surat pelantikan keputusan menteri ESDM dan wakil menteri ESDM langsung dilakukan pelantikan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Sebelum pengangkatan Ignasius Jonan jadi menteri ESDM dan Arcandra Tahar sebagai wakil menteri ESDM, saya akan bertanya dulu kepada saudara untuk diambil sumpah janji sesuai dengan kepercayaan masing-masing," kata Presiden Joko Widodo saat pelantikan.

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section