1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Dua Olahraga Ampuh Atasi Obesitas Anak

...pada dasarnya, anak tidak menyadari kalau tubuhnya kegemukan.

By Stella Maris 26 Agustus 2016 07:47
Obesitas pada Anak (healthylife.werindia.com)

Money.id - Napas sudah terasa berat dan tak mampu berjalan kaki jauh? Bisa jadi Anda mengalami masalah obesitas. Namun jangan keburu khawatir, karena ada cara mengatasinya.

Spesialis Kedokteran Olahraga dan pemerhati kebugaran anak dr Indarti Soekotjo mengatakan pada dasarnya, anak tidak menyadari kalau tubuhnya kegemukan.

"Hanya orang dewasa yang tahu. Oleh karena itu orang dewasa diajak memonitor berat badan anak," kata Indarti dalam acara diskusi Forum Ngobras beberapa waktu lalu.

Indarti menyarankan, pada anak yang mengalami obesitas dapat diatasi dengan dua olahraga, yaitu renang dan bersepeda.

"Anak yang sudah obesitas ada kendala lutut. Sebaiknya melakukan aktivitas yang tidak menumpu berat badan di lutut. Saat berenang berat badan ditahan oleh air. Bila ingin bersepeda, pastikan sepatu yang digunakan benar dan nyaman," jelas Indarti.

Jadi, lanjut Indarti, anak Anda dianjurkan melakukan olahraga tersebut selama 60 menit per hari, lima kali dalam seminggu, dan dilakukan rutin selama tiga bulan.

"Tapi kalau anak sudah bergerak (berolahraga) jangan sampai (napas) terengah-engah. Itu artinya (aktivitas tersebut) sudah berat buat dia," katanya.


Baca Juga

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section