1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Menu 'Emperan' di Bali Masuk Daftar Makanan Terbaik Dunia

Indonesia mendapat pengakuan sebagai salah satu dari 23 tempat makan ala kaki lima terbaik di dunia.

By Rizki Astuti 22 Agustus 2016 11:25
Satai Babi Guling (CNN)

Money.id - Warung kaki lima, gerobak makanan, dan kedai pinggir jalan kerap menawarkan makanan khas yang disukai banyak orang. Bahkan di kota-kota besar sendiri terkenal dengan restoran mewah yang menunya tak lepas dari makanan jalanan.

Namun masih ada beberapa kota besar di dunia yang hampir tidak memiliki garis tegas pemisah, antara masakan mewah (haute cuisine) dan masakan sekadar pengenyang perut yang tersedia di pinggir jalan.

Seandainya mereka mendapat penghargaan, para penjual makanan jalanan ini mungkin pantas mendapat bintang Michelin (standar restoran terbaik). Tapi koki-koki pinggir jalan ini tidak mencari pengakuan semacam itu. Mereka akan senang jika gerobak makanannya diserbu oleh wisatawan yang puas dengan rasa masakannya.

Melansir dalam laman CNN, Senin 22 Agustus 2016, sebagian wisatawan bahkan menjadikan warung kaki lima atau gerobak pinggir jalan ini sebagai incaran demi mendapatkan cita rasa makanan khas lokal.

Tanpa diduga, warung kaki lima di Bali, Indonesia mendapat pengakuan sebagai salah satu dari 23 tempat makan ala kaki lima terbaik di dunia versi CNN yang dirilis beberapa waktu lalu. 

"Secara tradisional, makanan-makanan terbaik di Bali bersifat seremonial dan sekarang sebagian telah dihidangkan di warung-warung pinggir jalan," kata Samantha Brown, salah satu pendiri Travelfish.org sekaligus pemandu wisata di Asia Tenggara berbasis di Bali itu.

Menurutnya salah satu hidangan kaki lima di Bali yang paling digemari dan ketinggalan adalah babi guling. "Masyarakat Bali menyajikan babi guling secara utuh, tidak ada bagian yang terbuang," ujarnya.

Jadi bagi Anda yang senang berlibur ke Bali, disarankan untuk mengecek kembali makanan yang ditawarkan di pinggir jalan atau di restoran ya! (els)

 

Baca Juga

 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section