1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Daun Asal Papua Ini Ampuh Sembuhkan Wasir dan Diabetes

Senyawa dalam daun handeuleum akan memperlambat proses pencernaan di dalam usus halus.

By Abdul Kharis 3 April 2016 14:00

Money.id - Daun handeuleum dikenal memiliki manfaat sebagai obat wasir (ambeien) dan masih ada manfaat lain dari daun tersebut. Di beberapa daerah di Indonesia, daun ini dikenal dengan nama daun wungu atau daun ungu. Memiliki nama ilmiah Graptophyllum pictum, daun ini berasal dari Papua.

Mengutip dari berbagai sumber, Minggu, 3 April 2016, daun handeuleum memiliki ciri-ciri batang bewarna ungu, tegak, berukuran kecil, dengan tinggi bisa mencapai tiga meter. Bunganya tersusun dalam suatu rangkaian tandan berwarna merah tua, sedangkan untuk daunnya memiliki struktur posisi yang saling berhadapan.

Tumbuhan ini memiliki beberapa kandungan zat yang berguna untuk tubuh seperti Steroid, Tanin, Glikosid, Flavonoid, Alkaloid non-toksik, Kalsium Oksalat, Saponon, Lemak, Asam Format.

Kandungan terebut membuat tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi dan digunakan sebagai obat wasir, peluruh kencing, pelembut kulit kaki, obat bisul, melunakkan feses dan pencahar ringan.

Selain obat wasir, daun ini juga bisa digunakan sebagai obat diabetes. Senyawa dalam daun handeuleum akan memperlambat proses pencernaan di dalam usus halus.

Hal itu membuat glukosa dari makanan memasuki sirkulasi darah lebih lambat serta bisa disesuaikan menjadi lebih efektif oleh sensitivitas insulin atau gangguan respons. Apabila kerja enzim tadi terhambat, maka proses konversi karbohidrat menjadi zat glukosa dapat ditekan. (poy)

Baca juga:

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section