1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ingin Nyalakan Api? Pakai Saja Buah Lemon

Namun tahukah Anda bahwa jeruk lemon juga bisa dipakai untuk menyalakan api.

By Dian Rosalina 3 April 2016 09:35
Buah Lemon (www.organicfacts.net)

Money.id - Buah jeruk lemon tidak saja nikmat untuk dikonsumsi sebagai campuran minuman, tetapi juga penuh manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Namun tahukah Anda bahwa jeruk lemon juga bisa dipakai untuk menyalakan api. Ini tentu sangat berguna sekali ketika kita pergi berkemah atau melakukan penjelajahan di alam liar.

Dikutip dari BoredPanda, Minggu 3 April 2016, dengan teknik sederhana dan murah, dari sebiji jeruk lemon bisa menghasilkan tegangan listrik sebesar 5 Volt dan itu cukup untuk menyalakan api untuk membuat api unggun.

Sebuah video di Youtube tentang bertahan hidup di alam liar memperlihatkan cara menciptakan listrik yang dapat menghasilkan api.Yang dibutuhkan adalah satu biji jeruk lemon, enam batang tembaga, enam paku seng (paku payung) yang sudah dipotong bagian atasnya, kawat, kabel, dan sabut baja.

Pertama-tama, jeruk lemon dilemaskan dengan cara mengosok-gosokkan pada kedua telapak tangan. Setelah itu, tancapkan batang tembaga satu per satu membentuk satu garis dengan memperhatikan jaraknya.

Lakukan hal yang sama terhadap paku seng. Sehingga Anda bisa melihat batang tembaga dan paku seng menancap saling berhadapan. Untuk menghasilkan listrik, batang tembaga harus dihubungkan dengan paku seng.

Untuk itu, pasang kawat secara diagonal dimulai dari batang tembaga pertama yang dihubungkan ke paku seng kedua. Lakukan hal yang sama untuk batang tembaga kedua yang dikaitkan dengan paku seng ketiga dan seterusnya.

Kemudian, pasang kabel di paku seng yang tidak ada lilitan kawatnya. Paku seng ini akan berfungsi sebagai kutub negatif. Hal yang sama juga dilakukan pada batang tembaga yang tidak ada lilitan kawatnya.

Batang tembaga ini akan berfungsi sebagai kutub positif. Sekarang siapkan sabut baja dan kertas atau daun kering di atasnya. Sentuhkan kedua ujung kabel ke sabut baja. Ini akan menyebabkan hubungan pendek dan menghasilkan panas sehingga membakar kertas di atas sabut baja.

Cukup mudah dan murah bukan?

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section