1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ingat! Ini Tips Berbuka Puasa Agar Perut Tak Kaget

Saat dimasuki berbagai macam makanan ketika berbuka puasa, perut bisa begah, begini cara mengatasinya...

By Azalia Amadea 8 Juni 2016 15:58
Ilustrasi aneka sajian berbuka puasa (timeoutdubai.com)

Money.id - Perut yang lapar membuat Anda ingin melahap semua makanan saat berbuka puasa. Terkadang mungkin karena 'kalap' Anda memakan berbagai hidangan berbuka yang membuat perut menjadi sakit karena penuh. Sebenarnya hal tersebut tidak baik bagi kesehatan perut Anda.

Saat dimasuki berbagai macam makanan, perut menjadi kaget dan berujung begah. Kebiasaan buruk tersebut juga dapat merusak sistem pencernaan dalam perut. Begini tips berbuka puasa agar perut tidak kaget dan begah yang dirangkum Money.id dari berbagai sumber.

Minum air atau teh hangat

Setelah perut kosong seharian, sebaiknya saat berbuka Anda meminum air atau teh hangat terlebih dahulu. Segelas teh hangat manis baik untuk memulihkan energi tubuh, sehingga tubuh kembali segar.

Makan kurma

Kurma merupakan sumber gula alami yang juga baik untuk memulihkan energi setelah puasa seharian. Anda cukup memakan tiga buah kurma setelah meminum air atau teh hangat manis.

Makan kacang-kacangan

Selain kurma, Anda juga dapat memakan kacang-kacangan setelah berbuka puasa. Cukup dengan memakan segenggam kacang almond atau jenis kacang lainnya yang Anda suka. Kandungan protein dalam kacang cukup untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh Anda seharian.

Makan takjil

Takjil atau makanan berbuka puasa beragam jenisnya. Umumnya takjil yang disukai masyarakat Indonesia adalah kolak pisang, aneka gorengan, kue-kue, aneka bubur, dan es buah. Takjil cukup untuk mengganjal perut sebelum makan besar.

Makan besar

Jika berbuka puasa, jangan biasakan untuk langsung memakan dalam porsi besar. Hal tersebutlah yang dapat membuat perut kaget dan cepat merasa begah. Sebaiknya, makanan berat dimakan setelah Anda shalat tarawih. Pastikan juga makanan utama yang Anda makan cukup kalori, protein, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section