1. HOME
  2. FRESH
TIPS KERJA

Ini Tips Atasi Kantuk Saat Bekerja di Bulan Ramadan

Sebenarnya dorongan kuat untuk tidur bukan karena Anda malas-malasan, tetapi memang ini bersifat biologis.

By Dian Rosalina 7 Juni 2016 09:17
Ilustrasi Tidur saat Kerja (www.nowblitz.com)

Money.id - Berpuasa bukan berarti Anda lalai dalam bekerja. Namun tidak bisa dipungkiri rasa kantuk akan datang di siang hari ketika Anda tengah bekerja.

Sebenarnya dorongan kuat untuk tidur bukan karena Anda malas-malasan, tetapi memang ini bersifat biologis. Ritem sirkadian, adalah sebuah proses fisiologis yang mendorong Anda melakukan hal tersebut.

Ia secara alami akan berada di titik terendah sekitar jam makan siang dan mengakibatkan Anda lebih mudah mengantuk. Dilansir dari Qerja, Selasa 7 Juni 2016, untuk menghindari kantuk datang saat bekerja, simak tips berikut.

Lakukan olahraga kecil

Aktivitas fisik yang ringan seperti berdiri, berjalan, atau peregangan otot bisa memperlancar aliran darah Anda. Selain itu, kegiatan tersebut bisa meningkatkan asupan oksigen ke otot sehingga Anda merasa lebih enerjik.

Minum cukup air ketika sahur

Iklan minuman yang ada di televisi memang tidak berbohong kok. Dehidrasi memang bisa menyebabkan seseorang lemas dan mempengaruhi konsentrasi.

Walaupun berpuasa, konsumsi air putih delapan gelas sehari agar tubuh Anda cukup mendapatkan asupan cairan. Pastikan Anda meminum banyak air, terutama sebelum waktu imsak datang.

Sedikit tidur siang tak apa

Riset membuktikan bahwa tidur siang singkat selama 10-20 menit membantu otak Anda melepas beban dan meningkatkan produktivitas. Ditambah Anda akan berasa lebih segar.

Dengar musik sambil kerja

Selain menjaga Anda agar tidak mengantuk, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Musik bisa menstimulasi kreativitas dan membantu mereka lebih berkonsentrasi. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section