1. HOME
  2. FRESH
FASHION

Waspada, Terlalu Lama Pakai Sandal Karet Timbul Penyakit Kaki

Bahkan sandal ini pun cukup populer juga di kalangan artis mancanegara. Sampai-sampai putri Inggris, Kate Middleton memakainya.

By Dian Rosalina 8 Juni 2016 09:32
Sandal Karet Crocs (Telegraph)

Money.id - Di Indonesia, sandal karet atau lebih dikenal dengan sandal 'Crocs' menjadi item fashion favorit untuk pria dan wanita. Tidak hanya praktis, sandal karet ini juga anti air dan cocok digunakan di cuaca panas atau hujan.

Bahkan sandal ini pun cukup populer juga di kalangan artis mancanegara. Sampai-sampai putri Inggris, Kate Middleton memakainya. Namun sayangnya di balik kenyamanan tersebut ada dampak negatif bagi kesehatan.

Dilansir dari Huffingtonpost, Rabu 8 Juni 2016, sejumlah podiatris mengungkapkan bahwa penggunaan sandal karet terlalu sering bisa mengganggu kesehatan.

"Sepatu ini tidak cukup untuk mengamankan tumit. Jika tumit tidak stabil maka jari kaki cenderung akan menekuk dan bisa menyebabkan tendinitis, yaitu peradangan pada otot tendon kaki yang menyebabkan cedera," kata Megan Leahy seorang ahli penyakit kaki.

Tidak hanya sandal karet, hal itu pun pun bisa terjadi pada penggunakan sandal jepit yang terlalu lama atau sepatu yang tidak ada bagian belakangnya. Presiden American Academy of Podiatric Sport Medicine, Alex Kor sependapat.

Ia bahkan sering menemui pasien yang mengalami sakit pada bagian tumit karena mengenakan sandal karet seperti model Crocs. Sebagian pasiennya bahkan sampai memiliki telapak akki yang melengkung terlalu tinggi.

Agar tidak terjadi hal itu pada kaki Anda, sebaiknya alas kaki tersebut tidak dipakai terlalu lama. Paling tidak delapan jam sampai 10 jam sehari saja. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section