1. HOME
  2. FRESH
WISATA INDONESIA

Deretan Tempat Wisata Mengagumkan di Pulau Simeulue Aceh

Selain terkenal dengan teripang, Simeulue juga terkenal dengan keindahan pantainya.

By Rohimat Nurbaya 8 Juni 2016 15:14
Pantai di Pulau Simeulue (Simeulue.com)

Money.id - Ternyata Aceh banyak memiliki keindahan pantai yang memukai. Salah satunya di pulau Simeulue yang merupakan salah satu kabupaten di Aceh. Daerah tersebut terpisah dengan daratan pulau Sumatera. Kurang lebih berada sekitar 150 km dari lepas pantai barat Aceh.

Kabupaten Simeulue yang merupakan pemekaran dari kabupaten Aceh Barat berdiri di tengah Samudera Hindia. Ibukota Kabupaten Simeulue adalah Sinabang sehingga jikalau diucapkan dengan logat daerah maka akan menjadi Si navang yang berasal dari legenda Navang.

Salah satu potensi yang banyak ditemui di sana adalah biota laut teripang. Selain terkenal dengan teripang, Simeulue juga terkenal dengan keindahan pantainya. Berikut deretan pantai indah yang wajib dikunjungi di Simeulue.

1. Pantai Ganting

Pantai Ganting (Blogspot)

Pantai Ganting menjadi andalan kawasan pariwisata daerah ini. Panorama pantai tersebut sangat indah dan menawan. Pantai itu selalu ramai dikunjungi jika hari libur tiba, terutama oleh masyarakat sekitar, maupun dari luar daerah.

Pantai ganting termasuk salah satu pantai di antara sekian banyak pantai yang menjadi objek wisata di pulau simeulue. Selain hamparan pasir yang memutih juga di latar belakangi oleh pulau siumat yang terkesan sangat indah. Selain itu karangnya yang menghiasi suasana laut di ganting. Lokasi wisata di Desa Kuala Makmur, sekitar 11 km dari kota Sinabang.

2. Pantai Tunggul Indah

Pantai Tunggul Indah (negerikuindah.com)

Wisata Pantai Tunggul memiliki keunikan tersendiri. Pantai tersebut memiliki karang-karang besar yang ada setelah Gempa dan Tsunami pada 2004 lalu.

Dalam mendukung kawasan Tempat Wisata pada 2006, Pemerintah Kabupaten Simeulue telah melakukan pemugaran, pembuatan sarana tempat ibadah, tempat mandi di pantai tersebut. Kemudian pada 2007 dibangun jalan setapak.

Salah satu keindahan alam yang bisa dinikmati di pantai tersebut, yakni suasana alamnya yang sangat eksotis. Apalagi pada sore hari bisa menikmati sunset yang indah.  Pantai Tunggul Indah berada di Desa Busung, Kecamatan Simeulue Timur, berjarak sekitar 12 km dari Kota Sinabang.

3. Makam Teungku Diujung

Makam Teuku Diujung (Safariku.com)

Teungku Diujung merupakan seorang ulama yang terkenal dan berhasil menyebarkan Agama Islam di Simeulue. Kawasan wisata ini dulunya merupakan pemakaman keluarga Teungku Diujung, namun pada 2004 lalu terdampak peristiwa Tsunami.

Sekarang Pemakaman ini telah dilindungi oleh pembatas. Makam Teungku Diujung merupakan sebuah makam keramat yang berada di Kampung Latak Ayah desa Kuta Padang kecamatan Simeulue Tengah.

4. Pulau Taman Raja Rayo

Pulau Taman Raja Rajo (Blogspot)

Pulau Simeulue memiliki sebuah pulau wisata yang dinamai Pulau Taman Raja Rayo. Pulau ini memiliki panjang sekitar 250×100 meter dan siap menampung kunjungan wisatawan.

Taman Raja Rayo merupakan salah satu pulau yang terpisah dari pantai, pulau ini berada di kawasan teluk Pantai Busung di Kecamatan Teupah Tengah, Simeulue.

Objek wisata ini dilengkapi dengan tujuh unit bungalow dengan fasilitas kamar suiteroom, musala, kolam renang dan kolam untuk memancing.

(Berbagai Sumber)

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section