1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Buah 'Purbakala', Atasi TBC sampai Obati Borok

Untuk saat ini para peneliti sudah menemukan banyak sekali manfaat dari buah mengkudu.

By Abdul Kharis 3 April 2016 17:02
Buah mengkudu (commons.wikimedia.org)

Money.id - Mengkudu atau Morinda citrifolia merupakan tanaman obat yang sudah digunakan sejak 2000 tahun lalu di Polynesia atau Papua. Mengkudu digunakan sebagai makanan, antibakteri, antivirus, antijamur, antitumor, anti-parasit, nyeri-relieving, penurun tekanan darah, anti-inflamasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengutip dari sciencedirect.com, Minggu, 3 April 2016, untuk saat ini para peneliti sudah menemukan banyak sekali manfaat dari buah mengkudu. Berikut adalah lima manfaat mengkudu, selain untuk bahan alami pembuatan jamu.

1. TBC atau bronkitis

Bronkitis bisa diobati menggunakan mengkudu, kandungan zat anti bakteri di mengkudu bermanfaat untuk mencegah bakteri yang masuk ke dalam paru-paru serta membunuh bakteri yang berada dalam paru-paru.

Konsumsi mengkudu secara teratur bisa menghilangkan bakteri yang ada di dalam paru-paru sehingga bronkitis akan semakin membaik.

2. Diabetes

Mengkudu mengandung zat proxeronine yang bisa berguna untuk mengobati diabetes. Diabetes harus segera diobati, sebab sangat berbahaya jika orang yang terjangkit diabetes terluka. Luka itu bisa menginfeksi organ yang ada di sekitarnya, sehingga proses amputasi harus dilakukan.

3. Asam urat

Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis seperti jantung, stroke dan masih banyak lagi. Asam urat ditandai dengan keram saat malam hari, kaki terasa dingin. Nah, zat iridoid dalam buah mengkudu bisa mengobati asam urat.

4. Peradangan usus

Seseorang yang mengalami peradangan usus bisa disembuhkan dengan mengkudu. Zat dalam buah mengkudu bermanfaat untuk meredakan peradangan dan luka di dalam usus.

5. Mengobati borok

Borok bisa disembuhkan menggunakan mengkudu, zat anti bakteri dalam mengkudu bisa digunakan untuk mengobati borok. Caranya adalah dengan memarut mengkudu dan menempelkannya pada borok. (poy)

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section