1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Tips Bikin Kulit Pie Renyah, Tak Mudah Rapuh

Berikut tips membuat adonan kulit pie agar renyah dan tidak mudah rapuh.

By Azalia Amadea 11 Agustus 2016 08:08
Pie (bonappetit.com)

Money.id - Pie merupakan salah satu camilan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Membuat pie juga tidak terlalu sulit jika Anda tahu teknik pembuatannya yang benar. Teknik pembuatan pie beragam macamnya mulai dari mengaduk menggunakan garpu hingga mixer.

Teknik ini nantinya akan berpengaruh terhadap kekuatan adonan kue yang dapat membuat pie menjadi renyah dan nikmat ketika dimakan. Melansir laman bogasari.com Kamis 11 Agustus 2016, berikut tips membuat adonan kulit pie agar renyah dan tidak mudah rapuh.

1. Gunakan terigu berprotein sedang

Tepung terigu terbagi menjadi tiga jenis yaitu terigu berprotein rendah, sedang dan tinggi. Untuk membuat adonan pie, cocoknya menggunakan terigu berprotein sedang agar adonan kuat dan ketika dipanggang kulit pie menjadi renyah.

2. Teknik mengaduk adonan

Garpu: adonan yang diaduk ringan dengan pisau atau garpu biasanya bertekstur seperti pasir dan lembab sehingga menghasilkan pie yang beremah. Kelemahan dari adonan ini membutuhkan proses pencetakan yang lebih lama karena harus memadatkan remahan adonan hingga menyatu dan tidak hancur. Namun ketika memadatkan adonan jangan sampai terlalu padat agar kulit pie tidak keras.

Mixer: jika mengaduk dengan mixer sebaiknya masukkan bahan-bahan basah terlebih dahulu seperti mentega, telur, dan gula halus. Barulah setelahnya masukkan bahan kering. Selain itu, perhatikan juga lama pengadukan adonan, jangan mengaduk terlalu lama agar adonan tidak lembek.

3. Buat lubang pada adonan

Agar kulit pie tidak menggembung saat dipanggang, setelah dibentuk dalam cetakan tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu atau tusuk gigi yang bersih. Cara ini dilakukan agar adonan pie matang sempurna hingga ke dasar. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section