1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Super Mudah, Trik Bikin Telur Mata Sapi Bulat Sempurna

Para juru masak juga membiasakan menutup teflon saat sedang menggoreng telur mata sapi.

By Azalia Amadea 24 Maret 2016 16:01
Ilustrasi telur mata sapi sempurna (Foto: pixabay.com)

Money.id - Membuat telur goreng ceplok memang gampang-susah. Tak semua orang dapat memasak telur mata sapi dengan hasil akhir yang sempurna.

Terkadang telur mata sapi yang dibuat pada bagian kuning telurnya tidak bulat sempurna. Sehingga membuat penampilan telur mata sapi Anda menjadi tidak menarik.

Dilansir dari laman huffingtonpost.com Kamis 24 Maret 2016, agar tampilan telur mata sapi Anda sempurna, tambahkan beberapa tetes air ke dalam penggorengan teflon.

Selain itu, para juru masak juga membiasakan menutup teflon saat sedang menggoreng telur mata sapi. Air yang diteteskan ke teflon dapat menghasilkan uap yang membuat bagian atas telur menjadi lembut dengan tetap garing di pinggirannya.

Foto: pixabay.com

Berikut dijabarkan langkah-langkah tepat menggoreng telur mata sapi.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan: 1 butir telur ayam, wajan atau teflon, mentega atau minyak, air secukupnya, dan piring sebagai wadahnya.

2. Panaskan wajan di atas api sedang, beri 1 sendok makan mentega atau minyak. Tunggu sampai wajan panas merata.

3. Setelah panas, pecahkan telur tepat di tengah wajan. Segera beri 1 sendok makan air ke permukaan samping-samping wajan bukan pada bagian telurnya, lalu tutup.

4. Masak telur dalam keadaan tertutup selama sekitar 1 menit. Memasak selama 1 menit akan menghasilkan telur mata sapi setengah matang, jika Anda ingin telur Anda benar-benar matang masaklah telur dengan waktu sesuai selera.

5. Angkat perlahan telur mata sapi yang sudah matang, sajikan di atas piring. Anda dapat memakannya begitu saja dengan menambahkan sedikit taburan garam dan merica atau Anda dapat memakannya bersama roti gandum. (poy)

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section