1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Kepiting Segar atau Kepiting Kalengan, Pilih Mana?

Berikut keuntungan dan kerugian menggunakan kepiting segar maupun kepiting kalengan.

By Azalia Amadea 16 Maret 2016 09:01
Ilustrasi sajian kepiting (Foto: pinterest.com)

Money.id - Kepiting merupakan salah satu hewan laut yang banyak digemari untuk dijadikan sebagai masakan. Kepiting diolah dengan cara dimasak maupun disajikan dengan berbagai bumbu khas hidangan laut.

Namun tak jarang kepiting juga disajikan sebagai bahan pelengkap seperti saus kepiting. Saus kepiting biasa digunakan untuk melengkapi tumisan sayur.

Untuk membuat saus kepiting, Anda dapat memilih kepiting segar ataupun kepiting kalengan. Tentunya menggunakan daging kepiting segar akan terasa lebih lezat dibandingkan dengan daging kepiting kalengan.

Memang menggunakan daging kepiting kalengan lebih praktis dan mudah tanpa harus memilah-milah dagingnya kembali. Dilansir dalam laman royco.co.id Selasa 15 Maret 2016, berikut cara tepat memilih dan mengolah kepiting segar maupun kepiting kalengan.

Kepiting segar

Jika Anda ingin menggunakan kepiting segar, belilah kepiting hidup yang masih aktif bergerak. Pilihlah kepiting yang terasa padat dan berat, ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa kepiting memiliki banyak daging dan akan terasa lezat jika dimasak.

Pastikan juga kepiting tidak berbau amis, dan segera masak kepiting segar agar tidak membusuk.

Kepiting kalengan

Bila menggunakan kepiting kalengan sebaiknya keringkan terlebih dahulu daging kepiting dari cairan yang terdapat di kaleng. Di beberapa supermarket juga menjual daging kepiting beku siap pakai.

Daging tersebut juga dapat dipakai sebagai alternatif dari daging kepiting kalengan. Hanya saja membutuhkan waktu luang untuk mencairkan daging kepiting beku.

Memakai daging kepiting segar maupun kalengan merupakan pilihan Anda, pilihlah daging kepiting yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda ketika memasak. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section