1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ditemukan Bakteri Listeria dalam Produk Ikan Salmon Asap!

Tim penyelidik telah menemukan bakteri patogen Listeria Monocytogenes dalam produk-produk tersebut.

By Azalia Amadea 2 Oktober 2016 07:04
Ilustrasi salmon asap (pixabay.com)

Money.id - Sebuah perusahaan di New York menarik sejumlah produk salmon asap dari toko dan restoran. Hal ini karena tim penyelidik telah menemukan bakteri patogen Listeria Monocytogenes dalam produk-produk tersebut.

Menurut pemberitahuan yang diunggah oleh Food and Drug Administration (FDA), Mt. Kisco Smokehouse yang berpusat di Mt. Kisco, New York, mengumumkan penarikan dua jenis produk yaitu salmon Atlantik asap dan salmon Atlantik potong pada pekan lalu,

Perusahaan mendistribusikan ikan yang terkontaminasi itu ke toko dan restoran di dua negara bagian, yaitu New York dan Connecticut pada 6 September 2016 dan 16 September 2016. Namun hingga pengumuman penarikan dibuat, belum ada kasus penyakit karena salmon dari Kisco yang dilaporkan.

"Produk diketahui terkontaminasi setelah dilakukan pengujian rutin oleh FDA yang mengungkapkan adanya bakteri patogen Listeria di dasar saluran pembuangan dan celah-celah di lantai pabrik,” mengutip laman foodsafetynews.com, Minggu 2 Oktober 2016. 

"Produksi telah diberhentikan sementara oleh FDA dan perusahaan terus menyelidiki sumber masalahnya."

Konsumen yang terlanjur membeli salmon diminta untuk tidak mengonsumsinya dan mengembalikannya ke tempat pembelian untuk mendapatkan uang pengganti. Siapa saja yang mengonsumsi salmon terkontaminasi dan mengalami gejala infeksi Listeria diminta untuk langsung memeriksakan diri ke dokter.

Gejala terinfeksi Listeria bisa memakan waktu hingga 70 hari. Bakteri Listeria dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada anak-anak, orang sakit, orang tua, serta orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sedangkan bagi orang sehat gejala yang mungkin ditimbulkan berjangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala, pegal, mual, sakit perut dan diare. Bahkan yang lebih parah infeksi Listeria dapat menyebabkan keguguran dan bayi meninggal dalam perut pada wanita hamil.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section