1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Cari Tahu Yuk Macam-macam Mi

Apa bedanya mi telur, suun, bihun, kwetiau?

By Azalia Amadea 19 Januari 2016 15:22
Ilustrasi macam-macam mi (Foto: deviantart.com)

Money.id - Sajian olahan berbahan dasar mi, merupakan sajian praktis yang nikmat dan pastinya mengenyangkan. Mi biasa dimakan sebagai pengganti nasi.

Mi biasa diolah dengan cara direbus atau digoreng. Apalagi, ada banyak macam dan jenis mi yang tersedia, sehingga mi bisa divariasikan menjadi berbagai hidangan.

Salah satu kelebihan lain dari mi adalah kepraktisannya, karena mi tidak sulit disiapkan. Mi juga fleksibel disajikan beserta berbagai pelengkap lezat dan bernutrisi, mulai dari sayuran hingga daging.

Selain itu, mi juga terbuat dari berbagai macam bahan, sehingga tiap jenis mi memiliki tekstur serta kandungan gizi yang berbeda.

Dilansir dalam laman royco.co.id berikut ini adalah beberapa macam mi yang perlu Anda ketahui.

1. Mi Telur

Foto: indochinekitchen.com

Mi berwarna kuning ini dibuat dari tepung terigu dan telur. Mi telur cocok disajikan dalam hidangan berkuah maupun dalam sajian mi goreng.

Mi telur sangat populer di Indonesia, tekturnya yang tidak tipis seperti bihun namun juga tidak tebal seperti udon. Mi ini biasa disajikan sebagai mi "godok" jawa, mi ayam, dan mi goreng rumahan.

2. Suun

Mi jenis ini terlihat bening, bertekstur lunak, dan terbuat dari tepung kentang serta tepung kacang hijau. Saat ini, suun juga bisa dibuat dari ubi ataupun singkong.

Suun juga bisa diolah dengan mudah, karena tak perlu direbus dan hanya perlu direndam dalam air panas hingga lembut. Suun bisa digunakan dalam sajian suun goreng, sup, dan lain-lain.

3. Kwetiau

Foto: barefootkitchenwitch.com

Kwetiau terbuat dari campuran tepung beras dan air. Kwetiau bisa digunakan dalam sajian goreng maupun berkuah.

Dalam penyebarannya di Indonesia, etnis Hokkian dan Tio Ciu berbeda dalam hal penyajian kwetiau. Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera terkenal dengan kwetiau medan yang memakai bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek.

Sedangkan etnis Tio Ciu yang banyak berdiam di Kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya seperti babat.

4. Bihun

Bihun yang bertekstur lembut dan berwarna putih ini sering salah dikenali sebagai suun. Padahal, kedua jenis mi ini berbeda.

Bihun berasal dari bahasa Tionghoa, yaitu “Bi” artinya beras dan “hun” artinya tepung. Bahan baku bihun sendiri terbuat dari tepung beras. Makanan tersebut sangat terkenal dari negara Tiongkok dan Asia Selatan, seperti India.

5. Udon

Foto: cabinetorganic.com

Jenis mi dari Jepang ini berwarna putih, berukuran tebal dan terbuat dari gandum. Udon biasanya lebih nikmat bila disajikan dengan kuah ala Jepang.

Udon rebus biasanya dimakan bersama kuah yang dibuat dari dashi dengan tambahan kecap asin yang disebut tsuyu. Di Jepang bagian barat, kuah udon berwarna coklat muda hampir bening karena memakai kecap asin encer (usukuchi shōyu). Sedangkan di Jepang bagian timur, kuah udon berwarna gelap hampir hitam karena memakai kecap asin kental (koikuchi shōyu). (ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section