1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Daftar Makanan yang Mampu Lawan Penyakit Demam Berdarah

Untuk menjaga daya tahan tubuh ada beberapa makanan yang berfungsi melawan virus dan memulihkan kembali kondisi pasien penderita DBD.

By Azalia Amadea 13 Januari 2016 13:16
Ilustrasi makanan yang dapat melawan penyakit DBD (YouTube)

Money.id - Iklim Indonesia yang sering mengalami curah hujan besar, membuat nyamuk mudah berkembang biak. Terutama nyamuk Aedes, penyebab utama penyakit demam berdarah.

Demam jenis ini biasa dikenal dengan sebutan "demam tulang" karena penderita demam berdarah akan merasakan nyeri sendi yang cukup berat.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI pada lima tahun terakhir, di Indonesia kasus DBD terjadi berkisar 630-8.056 per tahun, dan jumlah kematian berkisar antara 1-144 jiwa.   

Ada beberapa penyebab seseorang dapat terjangkit demam berdarah, salah satunya karena lingkungan yang banyak terdapat genangan air sehingga memicu nyamuk Aedes berkembang biak pesat.

Serta keadaan daya tahan tubuh yang tidak kuat menahan serangan gigitan nyamuk Aedes.

Untuk menjaga daya tahan tubuh ada beberapa makanan yang berfungsi melawan virus dan memulihkan kembali kondisi pasien penderita DBD.

Dilansir dari laman boldsky.com berikut 7 makanan yang dapat mencegah diri dari serangan penyakit DBD, serta bagi penderita yang sudah terjangkit dapat membantu mempercepat proses pemulihan.

Jeruk

(boldsky.com)

Buah yang kaya akan vitamin C ini baik untuk dikonsumsi penderita DBD, sebagai penambah energi. Para penderita pasien DBD biasanya akan merasa lemas akibat trombosit yang kurang.

Mengonsumsi buah jeruk atau meminum jus jeruk dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu meminum jus lemon dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh akibat virus DBD.

Daun Pepaya

Menurut para ahli daun pepaya adalah makanan terbaik untuk pasien demam berdarah. Daun pepaya dapat dimasak dengan cara ditumis ataupun dicampurkan dalam jus buah-buahan.

Penderita demam berdarah harus meminum jus daun pepaya setiap hari pada pagi dan malam hari. Ini merupakan pengobatan herbal yang sangat efektif untuk penderita DBD.

Bubur

Penderita demam berdarah diwajibkan untuk memakan makanan yang lembut seperti bubur. Mengkonsumsi bubur dapat membantu menambah energi pada tubuh para penderitanya. Bubur juga sangat mudah ditelan, sehingga tubuh juga mudah mencernanya.

Air Kelapa

(boldsky.com)

Penderita DBD sangat baik untuk meminum air kelapa, yang dapat melawan virus demam berdarah. Air kelapa membantu mengisi ulang elektrolit dan ion dalam tubuh.

Air kelapa juga kaya akan kandungan mineral, yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi juga menambah trombosit darah.

Jus sayuran dan buah

Jus sayuran seperti jus wortel, mentimun, dan jus sayuran berdaun hijau, merupakan organik alami yang dapat menutrisi tubuh dan membantu mempercepat proses pemulihan.

Jus buah-buahan kaya akan vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan penting untuk membentuk hormon adrenal. Buah-buahan tersebut seperti stoberi, jambu, kiwi, dan pepaya membantu memproduksi limfosit.

Makanan kaya protein

Makanan dan minuman kaya akan protein seperti telur dan susu sangat baik untuk penderita DBD. Ikan dan ayam juga baik sebagai makanan yang membantu memerangi virus DBD dalm tubuh penderita pasien.

Sup

(boldsky.com)

Sup akan memberikan kesan hangat yang memungkinkan seseorang mendapatkan kekuatan dan membantu memerangi rasa sakit pada sendi penderita demam berdarah.

Sup juga membantu membangun kembali nafsu makan para penderita demam berdarah, agar bernafsu makan kembali. (dwq)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section