1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Tips Memasak Sop Buntut Agar Daging Empuk

Rebus terlebih dahulu buntut sapi dengan air mendidih selama 10-15 menit.

By Azalia Amadea 17 Januari 2016 17:08
Sop buntut (Foto: youtube.com)

Money.id - Ditengah musim penghujan seperti ini terkadang tubuh membutuhkan makanan-makanan yang dapat membuat tubuh tetap hangat. Salah satunya sop buntut, ada berbagai variasi sop buntut di Indonesia.

Namun pada umumnya sop buntut merupakan sop dengan bahan dasar ekor sapi atau buntut sapi, yang dicampurkan dengan potongan wortel, kentang dan kacang merah.

Foto: royco.co.id

Protein dari daging sapi ditambah potong-potongan sayuran membuat hidangan ini menjadi nikmat dilidah dan sekaligus menyehatkan. Namun masih banyak yang merasa kesulitan memasaknya, bisa jadi Anda termasuk salah satunya.

Kebanyakan keluhan tersebut datang dari kesulitan mengolah buntut sapi yang yang tidak kunjung empuk, walaupun sudah berjam-jam direbus.

Dilansir dalam royco.co.id berikut tips agar buntut sapi empuk dan bebas lemak, sajian sop buntut akan lebih terasa nikmat.

1. Rebus terlebih dahulu buntut sapi dengan air mendidih selama 10-15 menit, lalu buang airnya.
2. Siapkan panci lain yang sudah berisi air mendidih, lalu masukan kembali buntut. Tambahkan kayu manis, cengkih, biji pala, dan bawang. Rebus buntut hingga air agak menyusut.
3. Jangan langsung mengolah buntut dalam keadaan panas. Diamkan buntut terlebih dahulu sampai uapnya menghilang. Lalu masukan ke dalam kulkas semalaman.
4. Keesokan harinya akan terlihat lemak berwarna putih yang terdapat pada atas permukaan panci, buang lemak tersebut hingga bersih.
5. Jika semua lemak sudah hilang, barulah Anda dapat memasak sop buntut. Caranya rebus kembali buntut di dalam panci yang sudah berisi air mendidih, tambahkan wortel, kentang, kacang merah, kol, dan bumbu seperti garam, merica,serta daun bawang dan seledri.

Sekarang Anda tahu cara yang tepat memasak sop buntut agar empuk, bebas lemak, dan tentunya nikmat. (dhi)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section