1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Tips Agar Tidak Kehabisan Gaji sampai Akhir Bulan

Sebelum akhir bulan gaji sudah habis? Cara menanggulanginya seperti ini.

By Abdul Kharis 11 April 2016 15:17
Ilustrasi karyawan sedang kehabisan gaji (popsugar.com)

Money.id - Anda menemukan diri terus-menerus kehabisan uang sebelum gaji berikutnya tiba. Akibatnya, harus meminjam uang dari teman atau kerabat, mengambil pinjaman gajian atau uang tunai, atau menggunakan kartu kredit untuk menutupi pengeluaran sampai gajian berikutnya.

Mengutip dari credit.about.com, Senin 11 April 2016, hal tersebut akan membuat Anda berada dalam kesusahan finansial dan tidak memiliki tabungan. Berikut adalah empat cara agar tidak kehabisan uang sebelum gajian berikutnya. Salah satu caranya adalah mengubah sikap Anda terhadap uang.

1. Mengubah sikap Anda terhadap uang

Biasanya orang yang terus-menerus kehabisan uang sebelum gajian--tidak--membuat keputusan belanja secara bijaksana. Mereka kadang melebih-lebihkan uang yang biasa dihabiskan, sehingga menyebabkan pendapatan cepat habis.

Anda mungkin menemukan diri menghabiskan lebih banyak uang pada hal-hal yang diinginkan daripada yang dibutuhkan. Ubahlah sikap Anda terhadap uang, gunakanlah secara bijaksana. Hal ini akan membuat Anda tidak kehabisan uang sebelum gajian.

2. Membuat anggaran keuangan

Seperti yang sering perencana keuangan ucapkan, buatlah anggaran keuangan. Anggaran membantu Anda merencanakan bagaimana mengatur pengeluaran. Hal ini akan membuat Anda masih mempunyai uang yang cukup sampai gajian berikutnya.

3. Melacak pengeluaran

Jika anggaran Anda tidak bekerja dengan efektif, melacak pengeluaran diperlukan untuk mencari tahu ke mana uang telah pergi. Simpan tanda terima, bon, atau kuitansi yang telah Anda terima.

Memisahkan mereka ke dalam sub-kategori seperti makanan, perlengkapan, atau transport. Ini akan membuat Anda melihat di mana menghabiskan uang paling banyak dan bisa memulai untuk memotong pengeluaran.

4. Meningkatkan penghasilan Anda

Nah, cara yang terakhir adalah meningkatkan penghasilan Anda. Bisa dilakukan dengan membuat usaha sampingan atau bekerja keras di kantor lalu meminta promosi dan mendapatkan kenaikan gaji. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section