1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

3 Trik Hentikan Pertengkaran dengan Pasangan karena Uang

Keuangan menimbulkan semua jenis emosi untuk pasangan, jadi penting untuk menetapkan beberapa aturan dasar dan terus berkomunikasi tentang uang.

By Abdul Kharis 3 April 2016 13:00
Ilustrasi pasangan suami istri (ubergizmo)

Money.id - Apakah Anda dan pasangan terus-menerus bertengkar karena uang? Ketika membicarakan uang, percakapan tenang dapat berubah menjadi pertikaian. Masalah keuangan bisa menimbulkan semua jenis emosi, jadi penting untuk menetapkan beberapa aturan dasar dan terus berkomunikasi tentang uang dengan pasangan.

Mengutip cheatseet.com, Minggu, 3 April 2016, studi terbaru yang dilakukan universitas ternama menemukan bahwa komunikasi sangat penting untuk pasangan agar berhasil melewati badai keuangan. Studi ini menegaskan bahwa komunikasi terbuka dan bekerja sebagai sebuah tim dapat membantu memperkuat ikatan pasangan.

Berikut tiga trik untuk menghentikan pertengkaran pasangan karena uang.

1. Situasi keuangan keluarga memburuk. Jangan marah, jaga diri, tetap tenang

Akan datang suatu titik di mana situasi keuangan tak dapat dimengerti oleh pasangan. Namun, berteriak tidak akan menyelesaikan masalah. Berteriak satu sama lain tidak ada gunanya, malah akan mebuat pasangan menutup diri.

Mulai belajarlah untuk mengontrol emosi Anda terhadap pasangan, apalagi yang berkaitan dengan uang.

2. Buat anggaran bersama-sama

Ajaklah pasangan Anda membuat anggaran rumah tangga bersama. Dengan cara ini, Anda dan pasangan dapat melihat tanggung jawab keuangan, besarnya pengeluaran, dan biaya yang bisa dipotong. Hal ini akan meminimalisir pertikaian dalam rumah tangga karena uang.

3. Mengadakan diskusi rutin tentang keuangan

Jangan hanya berhenti pada membuat anggaran bersama, buatlah diskusi rutin tentang keuangan setidaknya tiga bulan sekali. Semua kendala keuangan dalam rumah tangga harus ditangani. Anda dan pasangan harus berdikusi untuk mencari solusi bersama. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section