1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

5 Alasan Anda Tak Lunasi Tagihan Kartu Kredit

Tagihan kartu kredit Anda tidak pernah lunas, karena...

By Abdul Kharis 7 April 2016 09:01
Ilustrasi kartu kredit (pixabay)

Money.id - Kartu kredit menjadi salah satu alat transaksi yang jamak digunakan orang saat ini. Tapi tak sedikit yang terjebak dalam hutang pembayaran kartu kredit, karena tak mampu membayar tagihan setiap bulan.

Dikutip dari Credit.about, Kamis 7 April 2016, ada lima alasan para penguna kartu kredit yang mungkin sengaja tak melunasi tagihannya. Apa saja?

1. Hanya Bayar Tagihan Minimum
Melakukan pembayaran minimum pada kartu kredit, memang membuat Anda tak kena denda dan suku bunga tambahan. Tetapi Anda hampir tak membuat kemajuan apapun terhadap utang yang dimiliki.

2. Masih Transaksi
Anda terus bertransaksi atau menggunakan kartu kredit namun tak pernah melunasinya? Bahaya! Segera hentikan tindakan ceroboh tersebut, karena hanya akan menumpuk tagihan di kemudian hari. 

3. Tak Tahu Jumlah Tagihan
Tak tahu jumlah atau besaran tagihan membuat Anda enggan membayar utang kartu kredit. Itu artinya Anda melakukan kesalahan besar, karena sama saja telah mengabaikan dan menjerat diri dalam lilitan tagihan. 

4. Siklus Kartu Kredit
Selalu menggunakan kartu kredit dalam hal apapun karena dinilai lebih praktis, artinya Anda sudah terjebak ke dalam siklus penggunaannya. Anda akan terus membayar tagihan dan akan memakainya lagi. Tanpa disadari Anda tidak akan melunasi utang tersebut. 

5. Transaksi Kartu Kredit Melebihi Pendapatan
Bagaimana mungkin Anda mendapatkan uang ekstra untuk melunasi kartu kredit, jika pengeluaran lebih banyak dibanding pemasukan. Ya, tentu akan menjadi besar pasak daripada tiang. 

Nah, lima hal tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya Anda bisa melunasi utang kartu kredit. Oleh karena itu, disarankan mengubah perilaku Anda dalam menggunakan kartu kredit, sebelum terjerat pada utang dengan nominal yang lebih besar. (els)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section