1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Siapkanlah 9 Daftar Ini Sebelum Mulai Berbisnis

Ada sembilan hal yang harus disiapkan dan diperiksa sebelum berbisnis, yaitu...

By Abdul Kharis 4 April 2016 13:34
Ilustrasi pengusaha menyiapkan rencana (entrepreneurshiplife.com)

Money.id - Anda telah memutuskan untuk membangun usaha sendiri atau berbisnis? Nah, tetapi sebelum memulainya, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum tercemplung di dunia kewirausahaan.

Mengutip dari businessalligators.com, Senin, 4 April 2016, memulai bisnis memerlukan persiapan yang matang agar tidak terjadi kegagalan. Jadi, siapkanlah sembilan daftar ini sebelum mulai berbisnis.

1. Nama perusahaan

Nama perusahaan Anda memainkan peran paling penting dalam menarik pelanggan. Selain itu, nama perusahaan mencerminkan usaha Anda. Cobalah untuk memilih nama yang menarik dan sepenuhnya unik.

Singkatnya, hal pertama yang harus disiapkan adalah nama yang sempurna dan menarik untuk perusahaan Anda.

2. Mengetahui pesaing Anda

Persiapan kedua, Anda harus mengetahui pesaing bisnis Anda. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan strategi bisnis.

3. Mengetahui struktur hukum pemerintah dalam berbisnis

Struktur hukum diperlukan untuk memahami peraturan, misalnya berapa pajak yang harus dibayar. Coba bertanya pada seorang pengacara atau penasihat hukum untuk memandu Anda melalui proses legalisasi.

4. Buatlah sebuah rencana bisnis

Ini adalah salah satu bagian paling penting sebelum berbisnis. Sebuah rencana bisnis mencerminkan reputasi perusahaan dan mengarahkannya kepada tujuan.

5. Memeriksa keuangan

Tentu saja kita harus memeriksa keuangan sebelum memulai bisnis. Anda harus menyiapkan modal dan uang untuk berjalannya perusahaan sebelum mendapatkan untung.

6. Mengetahui target pasar

Target pasar perlu ditetapkan dari awal, tujuannya adalah untuk mengetahui cara memuaskan pelanggan Anda melalui produk atau jasa yang dijual. Anda harus meninggalkan kesan positif pada pelanggan jika ingin mencapai kemakmuran.

7. Menyiapkan seorang akuntan

Seorang akuntan sangat diperlukan dalam sebuah bisnis, untuk memeriksa keuangan perusahaan Anda. Selain itu, akuntan pun dapat meminimalisir pengeluaran keuangan di perusahaan Anda.

8. Buat kesan baik untuk calon nasabah

Anda tidak akan mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis jika tidak memiliki kesan baik terhadap nasabah. Anda bisa menanyangkan iklan atau membuat promo menarik untuk meninggalkan kesan yang baik untuk calon nasabah.

9. Memiliki rekening bank bisnis

Sebuah rekening bank bisnis harus disiapkan, karena perlu mengetahi pendapatan bisnis Anda. Carilah bank yang paling dapat dipercaya dan fleksibel, agar tidak merepotkan ketika Anda sedang menjalani bisnis. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section