1. HOME
    2. FINANCE
UNIK

Ini Sosok Manusia Terkaya di Muka Bumi Sepanjang Masa

Kekayaannya senilai Rp 5.775,8 triliun dalam bentuk uang modern.

By Ismoko 15 Maret 2021 13:23
(Dok. Liputan6.com)

Money.id - Sejumlah orang akan mengatakan orang terkaya di dunia adalah anggota dinasti paling tajir pada era modern seperti Rothschild, Rockefeller, atau Carnegie.

Lainnya menyebut para miliarder terkini seperti Bill Gates, Carlos Slim, Warren Buffet, Mark Zuckerberg, atau para raja dan pengera di Arab yang dikenal bergelimang harta.

Namun fakta membuktikan, orang terkaya di muka Bumi adalah Musa Keita I, Mansa atau Kaisar Mali.

Dikutip dari therichest.com yang dilansir Dream.co.id, Mansa Musa adalah salah satu orang terkaya sepanjang sejarah. Musa menjadi kaisar Mali pada tahun 1312. Selama 25 tahun pemerintahannya sebagai kaisar, wilayah Afrika Barat, termasuk Timbuktu, Ghana, dan Mali menjadi daerah yang makmur alias tidak seperti sebelumnya.

Kaisar Muslim Afrika ini disebut Mansa, yang artinya ‘Sultan’. Ia memiliki emas yang jumlahnya luar biasa banyak. Para ahli dan sejarawan berspekulasi bahwa ia memiliki sekitar setengah dari emas dunia, kira-kira setara Rp 72.214 triliun.

Kerajaan Mansa Musa tersebar di 3.218 kilometer dari Mali, Senegal, Niger, hingga Gurun Sahara. Kerajaan itu penuh dengan kekayaan alam yang membuat Mansa Musa sampai saat ini masih terkenal akan hartanya. Mansa Musa memiliki kekayaan senilai Rp 5.775,8 triliun dalam bentuk uang modern.

Kekayaan ini sebenarnya berasal dari kunjungan haji yang dilakukan orang muslim di Mekah dan Madinah. Ia juga membangun istana dan masjid sebagai warisan.

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section