1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS SYARIAH

BNI Syariah Incar Rp20 Miliar untuk Pembiayaan Pedagang Pasar

Kerja sama ini bisa meningkatkan inklusi keuangan dan pembiayaan di sektor mikro.

By Ismoko 8 Oktober 2020 11:07
Ilustrasi

Money.id - PT BNI Syariah menggandeng pengembang pasar PT Bangunbina Persada untuk menyalurkan pembiayaan mikro di sektor perdagangan pasar. Sinergi yang juga bagian dari upaya mengembangkan ekosistem halal ini diharapkan bisa membuka potensi bisnis Rp20 miliar.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi, berharap kerja sama ini bisa meningkatkan inklusi keuangan dan pembiayaan di sektor mikro.

“ Kerja sama ini juga diharapkan bisa mensejahterakan umat dan meningkatkan perekonomian rakyat,” kata Iwan di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 7 Oktober 2020.

Nota kesepahaman (MoU) terkait pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan syariah, kerja sama fasilitas pembiayaan produktif pedagang pasar, koperasi, karyawan, serta kerja sama fasilitas pembiayaan produktif modal kerja dan investasi.

Penandatanganan MoU dilanjutkan perjanjian kerja sama (PKS) penyaluran pembiayaan investasi kepemilikan tempat usaha pedagang di Pasar Purwadadi Subang dan Pasar Sabilulungan Soreang Bandung. Kerja sama ini mengenai pemberian jaminan pembelian kembali atas tempat usaha nasabah yang wanprestasi.

“ Pembangunan pasar Soreang Bandung sedang dalam tahap pertama yang selanjutnya akan ada pembangunan total kios sebanyak 1800,” kata Yodin.

Pada kesempatan ini BNI Syariah juga menyalurkan pembiayaan Rp313,7 juta kepada tiga nasabah mikro. BNI Syariah berharap ke depannya dapat menyalurkan pembiayaan ke pedagang lain di Pasar Purwadadi Subang dan Pasar Sabilulungan Soreang Bandung.

“ Melalui kerja sama ini, potensi bisnis yang diharapkan sekitar Rp20 miliar,” kata Iwan.

Sampai triwulan II tahun 2020, BNI Syariah mencatatkan realisasi pembiayaan mikro sebesar Rp1,53 triliun dengan jumlah nasabah sebanyak 12.254 nasabah.  (Sumber: Dream.co.id

(i)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section