1. HOME
  2. FOODILICIOUS
UNIK

Di Rusia, Daging Tikus Sungai Ini Dijadikan Bahan Burger

Daging nutria mengandung kadar asam omega 3 yang sangat tinggi.

By Azalia Amadea 29 November 2016 11:06
burger nutria (theguardian.com)

Money.id - Tren kuliner di Moskow saat ini adalah makanan rumahan yang tidak hanya terjangkau tetapi juga bergizi. Jika Anda membayangkan itu adalah jenis sayuran, Anda salah. Makanan tersebut justru berbahan daging hewan pengerat sejenis tikus.

Melansir laman theguardian.com, Selasa 29 November 2016, hewan tersebut bernama nutria. Binatang pengerat raksasa dengan gigi besar itu berwarna kecokelatan yang juga dikenal sebagai coypu atau tikus sungai.

Hewan berbulu tebal ini banyak ditemukan di selatan Rusia. Hidangan berbahan dasar nutria sedang tren di Moskow yang saat ini memasuki musim gugur. Ide makanan ini muncul dari seorang koki berusia 35 tahun bernama Takhir Kholikberdiev.

Dia menyajikan burger nutria dan berbagai macam hidangan berbasis hewan pengerat di restorannya yakni Krasnodar Bistro. Restoran tersebut terletak di pusat kota Moskow. Kholikberdiev menamakan restorannya Krasnodar karena itu adalah nama desa tempat dia dilahirkan.

Hidangan berbasis nutria ini menyasar warga kelas menengah Kota Moskow yang dianggap memiliki pengetahuan kuliner yang luas. Selain itu, Kholikberdiev menyajikan menu nutria untuk memenuhi tren restoran di kota itu yang fokus pada bahan lokal bernutrisi tinggi.

"Mereka yang merasa jijik saat makan hewan pengerat ini karena ketidaktahuannya tentang nutria," kata Kholikberdiev.

"Nutria adalah hewan yang benar-benar bersih, tidak hanya herbivora tetapi ia mencuci semua makanannya sebelum dimakan. Dan nutria mengandung kadar asam omega 3 yang sangat tinggi. Banyak dokter dan ahli gizi merekomendasikan daging nutria," ucapnya.

Daging nutria dalam burger di Krasnodar Bistro memiliki cita rasa yang cukup enak meski ketika menggigit lapisan daging nutria, mungkin akan terbayang bentuk hewan pengerat itu.

Burger nutria berukuran besar dijual seharga 550 ruble atau sekitar Rp115 ribu. Seperti halnya tikus, nutria berkembang biak dengan sangat cepat. Sehingga menjadikan nutria hewan yang mudah diternak dan murah.

Selain burger, Krasnodar Bistro juga menyajikan menu hotdog nutria, camilan nutria, dan daging nutria yang dibungkus daun kubis. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section