1. HOME
    2. FINANCE
BISNIS KULINER

Sejarah Manis Silver Queen, Cokelat Nikmat Asli Garut

Pada tahun 1955, pabriknya dipindahkan ke Bandung karena ada pemesanan dalam jumlah besar. Kala itu, berlangsung Konferensi Asia Afrika.

By Ismoko 17 Februari 2020 16:50
(Foto: Instagram @silverqueenid)

Money.id - Merek cokelat Silver Queen tentu tidak asing lagi. Salah satu brand cokelat yang digemari masyarakat, terutama kawula muda. Usut punya usut, Silver Queen bukan produk asli Belanda melainkan, Indonesia. Tepatnya asli Garut, Jawa Barat. 

Dikutip dari akun Twitter pendiri Museum Pustaka Peranakan Tionghoa, Azmi Abubakar, @Azmiabubakar12, Jumat 14 Februari 2020, Azmi mengungkapkan bahwa produk tersebut merupakan milik keluarga Chuang dari Garut, Jawa Barat. Pada tahun 1955, pabriknya dipindahkan ke Bandung karena ada pemesanan dalam jumlah besar. Kala itu, berlangsung Konferensi Asia Afrika.

" Bung Karno begitu menyukai kelezatan cokelat buatan keluarga Chuang tersebut, boleh jadi beliau telah mencicipinya sebelum KAA sehingga Cuang mendapatkan order besar untuk perhelatan besar yang menjadi kebanggaan Indonesia itu," cuit Azmi.

Yang menarik, Chuang tak pernah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawan, kecuali meninggal dan mencuri. Keputusan pria ini memang bukanlah hal yang mudah. Sebab, bisnis akan mengalami naik dan turun, terutama pada awal berusaha.

" Inilah kunci kesuksesan, yakni dicintai oleh karyawannya. Salut! Bermula dari Garut, saat ini perusahaan cokelat tersebut menjadi satu di antara yang 'Terbesar di Dunia!' Silver Queen, Kebanggaan Indonesia! Sumber: Majalah Liberal, 7-2-1959. Koleksi Museum Pustaka Peranakan Tionghoa," cuit Azmi. (Sumber: Dream.co.id)

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section