1. HOME
    2. FINANCE
KEBIJAKAN PEMERINTAH

Penampakan Design Ibu Kota Baru RI di Kalimantan

Berikut Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

By Ismoko 21 Agustus 2019 15:56
Design Ibukota Baru RI (Foto: Kementerian PUPR)

Money.id - Pelan-palan wajah baru calon ibu kota baru Indonesia mulai bisa terbayangkan. Presiden Joko Widodo dalam pidato di Sidang Tahunan DPR/MPR telah memastikan ibu kota baru Indonesia akan berlokasi di Kalimantan.

Setelah menjelaskan tentang konsep kota yang akan dibangun, kali ini muncul visualisasi konsep ibu kota baru yang akan dirancang pemerintah.

Penampakan kota baru itu diungkapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam dokumen " Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara" Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam dokumen yang dipaparkan tersebut, desain ibu kota baru ini berasal dari identitas bangsa yang diterjemahkan dalam urban design secara filosofias, yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika , NKRI, dan UUD 1945.

 Identitas bangsa yang diterjemahkan dalam bahasa urban design.

Identitas bangsa yang diterjemahkan ke dalam desain, yaitu morfologi dan fungsi-fungsi kota, ruang-ruang bagi aktivitias masyarakat yang mendorong prinsip gotong-royong, serta fungsi dan wadah yang melestarikan sejarah dan budaya--ini berupa ruang budaya, galeri nasional, museum, gedung pertunjukan, dan taman kesenian. 

 

 Visualisasi gagasan kota sebagai simbol identitas bangsa.

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section