1. HOME
    2. FINANCE
MONEY TUESDAY

Saharjo, Surga Mebel Bekas di Ibu Kota Jakarta

Penghasilan salah satu toko di pasar itu per hari bisa mencapai Rp50 juta, bahkan pernah satu hari mencapai omzet Rp250 juta.

By Rohimat Nurbaya 1 Maret 2016 19:35
Toko Mebel Bekas di Jalan Saharjo, Manggarai (Rohimat Nurbaya/Money.id)

Money.id - Barang bekas jadi alternatif berharga bagi kalangan berkantong tipis. Guna menjawab permintaan tersebut, tidak sedikit pasar di Jakarta khusus menyediakan barang-barang second hand masih layak pakai.

Salah satu sentra penjualan barang bekas terkenal di Ibu Kota, toko-toko mebel bekas di Jalan Saharjo, Kelurahan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.

Di sana berderet toko menjual kursi bekas, lemari bekas, meja bekas dan berbagai perlengkapan mebel lainnya. Tidak ada sebutan resmi untuk pasar tersebut, namun banyak orang lebih mengenal sentra mebel bekas itu dengan sebutan 'Pasar Rumput'.

Toko Mebel Bekas di Jalan Saharjo (Rohimat Nurbaya/Money.id)

Haji Iso Rustandi merupakan salah satu pemain mebel bekas paling terkenal di kawasan itu. Dia merupakan pemilik toko Sinar Baru Mulya. Dalam menjalankan usahanya pria asal Garut, Jawa Barat itu dibantu 15 pekerja.

"Toko Sinar Baru Mulya ini sudah ada 20 tahun yang lalu," kata Hj Ida Risdawati (44), salah satu pegawai di toko tersebut saat berbincang dengan Money.id di tokonya, Selasa 1 Maret 2016.

Menurut Ida, Haji Iso Rustandi saat ini sudah tidak terjun langsung menanggani pelanggan, usaha tersebut hanya menjadi usaha keluarga yang dijalankan oleh para pegawainya.

"Tapi pak haji itu dari dulu paling terkenal di sini. Banyak penghargaan didapat, dulu ketika Sutiyoso jadi Gubernur DKI juga dapat penghargaan," tutur Ida yang sudah puluhan tahun setia jadi pegawai Haji Iso Rustandi.

Seluruh Indonesia

Ida mengatakan, pelanggan toko Sinar Baru Mulya tidak hanya dari Jakarta saja, tetapi dari seluruh Indonesia, paling jauh datang dari Padang, Sumatera Barat dan Aceh, Sumatera Utara.

"Kebanyakan mereka tahu dari online, mereka telepon ke sini, terus sengaja datang jauh-jauh ke sini," ucap dia.

Toko Mebel Bekas di Jalan Saharjo (Rohimat Nurbaya/Money.id)

 

Konsumen datang ke toko Sinar Baru Mulya biasanya berasal dari perusahaan yang butuh peralatan mebel dengan harga 'miring'. Namun, ada juga perorangan ingin membeli barang mebel dengan harga lebih murah.

"Mau perorangan atau banyak harganya sama saja, kalau beda juga tida terlalu jauh," kata Ida.

Ida menuturkan, meski banyak macam barang mebel dijual di pasar tersebut, namun para pelanggan biasanya lebih sering mencari kursi kantor bekas.

Kata dia, untuk kursi kantor bekas biasanya dipatok Rp350 ribu hingga Rp1,3 juta per unit. "Kalau paling murah kursi kantor yang kecil dan paling mahal biasanya kursi direksi," jelasnya.

Di sana tidak hanya dijual kursi kantor, tapi ada juga kursi untuk acara resepsi pernikahan, kursi untuk kampus, dan kursi tempat bimbingan belajar. Harganya bervariasi. "Kalau ke sini yang pesan bisa sampai 200 kursi," ujar dia.

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section