1. HOME
  2. FOODILICIOUS
MONEY TUESDAY

Surga Kelezatan di Pasar Kue Subuh Blok M

Pasar Kue Subuh Blok M kabarnya merupakan cabang dari Pasar Kue Subuh Senen.

By Adhi 1 Maret 2016 18:25
Suasana Pasar Kue Subuh Blok M (Jakarta.go.id)

Money.id - Jauh sebelum jam operasional pusat perbelanjaan Blok M Square dimulai, area yang berada di bilangan Jakarta Selatan ini sudah ramai oleh pengunjung. Tujuannya satu, yakni menyambangi pasar kue subuh yang menawarkan beragam jenis panganan.

Ya, pasar kue subuh Blok M memang sudah memulai geliatnya setiap hari sejak pukul 03.00 WIB, dan tutup pada pukul 08.00 WIB. Dalam kurun waktu 4-5 jam tersebut, beragam kue basah dan kering, jajanan pasar, hingga bermacam-macam cake dijajakan.

(pasarkuesubuh.blogspot.com)

Raman, salah seorang penjaja panganan di pasar kue subuh menceritakan, "Alhamdulillah ramai terus setiap harinya. Masing-masing lapak sudah ada langganan, yang rajin datang biasanya pengecer. Mereka beli di sini partai besar, lalu dijual lagi. Umumnya pedagang di kawasan perumahan."

Lebih jauh ia menjelaskan, tiap pedagang umumnya menjual jenis panganan yang tidak jauh berbeda. "Yang favorit itu lemper, sosis solo, arem-arem, sama pastel," ungkap Raman saat dihubungi Money.id, Selasa 1 Maret 2016.

(pasarkuesubuh.blogspot.com)

Sementara untuk harga, Raman mengatakan bahwa banderol yang dipasang cukup beragam. Bergantung pada jenis kuenya. "Kisaran Rp2.000 sampai Rp15.000. Rata-rata sih Rp2.000 sampai Rp3.000 per item-nya," papar Raman.

Selain pembeli yang datang langsung, Raman yang juga mulai memasarkan dagangannya via media sosial dan blog ini mengaku sering mendapatkan order untuk acara-acara khusus.

"Banyak yang pesen lewat online juga buat acara penikahan, pengajian, atau selametan. Biasanya harganya lebih murah, kan pesennya banyak," jelasnya.

Berdasarkan data Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang dikutip dari laman Jakarta.go.id, keseluruhan omzet Pasar Kue Subuh Blok M pada 2012 bisa mencapai Rp200 juta per hari.

Pindahan dari Pasar Senen

Pasar Kue Subuh Blok M sendiri kabarnya merupakan cabang dari Pasar Kue Subuh Senen. Tak dapat dipastikan kapan tepatnya pasar kue yang beroperasi sebelum matahari terbit ini mulai hadir di kawasan Blok M. Namun menurut Raman, "Kayaknya mulai sejak akhir 90-an."

Selain Blok M, jelas Raman, para pedagang kue yang awalnya menjajakan di Pasar Senen juga banyak yang pindah ke kawasan Pasar Mayestik. Salah satu penyebabnya adalah kawasan pemukiman warga yang semakin tergeser ke daerah pinggiran Jakarta.

"Mungkin Senen terlalu jauh, orang banyak tinggal di pinggir sekarang, jadi sepi di sana," terang Raman.

 

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section