1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Produk Asuransi Mikro Murah, Premi Hanya Rp7 Ribu Per Tahun

Produk ini memberikan perlindungan keuangan kepada rumah tangga berpendapatan rendah saat meminjam uang ke lembaga keuangan mikro.

By Abdul Kharis 14 Maret 2016 15:45
Logo perusahaan asuransi Prudential (Prudential.co.id)

Money.id - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memiliki produk asuransi dengan harga terjangkau bernama PRUaman. Produk ini memberikan perlindungan keuangan kepada rumah tangga berpendapatan rendah.

PRUaman mudah diakses melalui lembaga keuangan mikro dan bank perkreditan rakyat ketika meminjam uang.

Di lain pihak, lembaga keuangan mikro memperoleh manfaat berupa perlindungan terhadap pinjaman pokok yang diberikannya kepada nasabah. Hal ini dapat mendorong berkembangnya industri keuangan mikro yang lebih sehat di Indonesia.

Corporate Marketing and Communications Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo menjelaskan tentang produk asuransi mikro "PRUaman" seusai media gathering Prudential di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin, 14 Maret 2016.

Nini mengatakan, PRUaman menyediakan empat paket asuransi dengan tarif yang sangat terjangkau, dengan tarif premi Rp7 ribu-10 ribu per tahun. Tarif ini bersifat tunggal, yang berlaku sama rata tanpa memandang usia dan tenor pinjaman.

Tarif premi tunggal ini memberikan keuntungan kepada lembaga mikro saat menentukan rencana yang tepat untuk setiap anggota.

Manfaat rencana tersebut antara lain kemudahan pelunasan pinjaman hingga pelunasan pinjaman yang disertai beragam tambahan manfaat keuangan bagi keluarga.

"Prudential masih fokus ke asuransi konvesional dan syariah, tetapi untuk saat ini "PRUaman" sudah memiliki patner lebih dari 10 lembaga keuangan mikro," tutur Nini.

Dia menuturkan, di segmen mikro, asuransi dianggap mahal dengan proses persyaratan, pertanggungan dan klaim yang rumit.

Karena kesadaran akan perlindungan asuransi yang rendah di segmen ini, maka ketika peminjam tertimpa musibah, biasanya pihak keluarga akan diwarisi beban pinjaman, atau pihak lembaga keuangan mikro yang menanggung beban kerugian finansial.

Tetapi, apabila mengikuti asuransi mikro ini, semua utang akan dilunasi apabila nasabah asuransi PRUaman mengalami musibah.

PRUaman memiliki empat paket manfaat yang sederhana, dan mudah dipahami antar lain, Paket 1, yaitu jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan membayar sisa saldo pinjaman kepada lembaga keuangan mikro.

Selanjutya, ada Paket 2, yakni jika tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan memberikan manfaat sejumlah pinjaman awal dari tertanggung guna terlebih dahulu melunasi sisa pinjaman kepada LKM, dengan sisa manfaat diberikan kepada ahli waris.

Berikutnya, Paket 3, yaitu jika tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan membayar sisa saldo pinjaman kepada pemegang polis, plus manfaat dalam jumlah pinjaman awal dibayarkan kepada ahli waris.

Dan yang terakhir, Paket 4, yakni jika tertanggung meninggal karena penyakit atau sebab-sebab alamiah, Prudential Indonesia akan melunasi sisa pinjaman kepada LKM, plus kompensasi menyamai jumlah pinjaman awal kepada ahli waris.

Manfaat Paket 4 lainnya, jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan, Prudential Indonesia akan menyelesaikan seluruh kredit yang belum dilunasi kepada LKM, plus kompensasi sebesar tiga kali pinjaman awal kepada penerima.

Nah, kalau mau ambil pinjaman tetapi tidak memberatkan keluarga saat terjadi hal yang tidak diinginkan, ikuti asuransi mikro ini saja. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section