1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Catat, 5 'Belanjaan' Ini Jangan Dibeli dengan Kartu Kredit

Beberapa di antaranya malah akan membuat Anda semakin terlilit utang lebih besar.

By Adhi 14 Maret 2016 08:04
Ilustrasi (pixabay.com)

Money.id - Kita sering tergoda untuk membeli sesuatu ketika memegang kartu kredit. Begitu banyak dan mudahnya fasilitas yang ditawarkan kartu kredit, membuat kita lengah dan terlena.

Anda tidak dilarang untuk membeli barang atau jasa menggunakan kartu kredit. Namun ada beberapa jenis yang sebaiknya tidak dibayar menggunakan kartu kredit.

Dikutip dari laman Daily Finance, berikut beberapa jenis barang yang lebih baik Anda beli tanpa menggunakan kartu kredit:

1. Biaya Pengobatan

Menghadapi tagihan biaya pengobatan yang besar dari dokter? Jangan gunakan kartu kredit Anda untuk membayarnya. Jika Anda punya asuransi, gunakan itu untuk membayarnya. Atau jika penyedia layanan medis menerima biaya pengobatan yang bisa diangsur, gunakan fasilitas tersebut. Kebanyakan penyedia layanan medis menyediakan fasilitas ini, dan suku bunga yang mereka tetapkan (jika ada) akan lebih rendah dari tarif yang melekat pada kartu kredit Anda.

2. Pajak

Ketika memutuskan membayar pajak lewat kartu kredit, Anda akan dikenakan tambahan biaya sebagai penalti keterlambatan pembayaran. Bisa-bisa tagihan Anda setiap bulannya akan bertambah dan semakin menumpuk. Satu cara untuk menghindari tagihan pajak yang besar adalah memastikan Anda memiliki uang yang cukup untuk ditarik setiap bulannya.

3. Pembelian Online Tertentu

Kartu kredit EMV baru, yang ditanam chip komputer, seharusnya membuat transaksi kartu kredit lebih aman. Tapi kartu ini tidak menawarkan banyak perlindungan terhadap penipuan kartu kredit online. Jadi berhati-hatilah ketika Anda menggunakan kartu Anda untuk melakukan pembelian online. Dan jangan pernah menggunakan kartu Anda di situs web yang tak terjamin keamanannya. Perhatikan juga alamat situs selalu diawali dengan 'https' untuk menjamin keamanan transaksi kartu kredit Anda.

4. Liburan Mahal

Berkunjung ke tempat-tempat eksotis merupakan liburan yang menyenangkan dan membuat ketagihan. Namun di saat yang sama akan menggoda Anda untuk terus menggesek kartu kredit untuk membayar hotel, makanan, tiket, dan sebagainya.

Jangan jatuh ke dalam perangkap ini: Jika Anda telah menabung untuk biaya liburan, dan tetaplah pada rencana untuk menggunakannya dan jangan libatkan kartu kredit Anda.

5. Biaya Pendidikan

Di negara maju, mengajukan pinjaman untuk membiayai uang sekolah sudah lazim dilakukan. Cara ini juga mungkin banyak dilakukan masyarakat Indonesia yang tengah butuh membiayai sekolah anaknya.

Namun jangan sekali-kali berpikir untuk membayar tagihan pinjaman ini menggunakan kartu kredit. Bukannya menyelesaikan masalah, Anda bisa terjerat utang lebih besar.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section