1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

7 Tips Terlepas dari Jeratan Kartu Kredit

Ingat, bahwa kartu kredit tidak benar-benar buruk. Mereka adalah alat yang praktis, tetapi publik sering salah mengelola.

By Abdul Kharis 9 Maret 2016 09:04
Ilustrasi kartu kredit (pixabay)

Money.id - Kartu kredit sudah cukup lama dijadikan alat transaksi pembayaran. Akan tetapi, jika memakai kartu kredit kemudian terjerat dalam perangkap suku bunganya, maka dipastikan Anda harus berhenti menggunakan kartu kredit. (Baca: Pengen Punya Kartu Kredit? Baca Dulu Plus dan Minusnya)

Perlu diingat, bahwa kartu kredit tidak benar-benar buruk. Mereka adalah alat yang praktis, tetapi publik sering salah mengelola.

Jika tahu bahwa Anda tidak bisa mengelola kartu kredit dengan benar, cara yang terbaik adalah berhenti menggunakannya. Anda dapat menghindari menggunakan kartu kredit dengan menggunakan kartu debit.

Dikutip dari moneyfor20s.about.com, Selasa, 8 Maret 2016, kartu kredit membutuhkan biaya sangat besar untuk pembayaran bunga, dan penting bertindak cepat untuk menghentikan siklus ini. Inilah cara berhenti menggunakan kartu kredit.

1.Melacak kebisaan berbelanja

Tips pertama, Anda harus melacak kebiasaan berbelanja sehingga dapat melihat di mana menghabiskan uang. Hal ini penting agar Anda dapat mengubah kebiasaan yang menuntun untuk menggunakan kartu kredit setiap bulan. Ini akan membantu Anda untuk benar-benar memulai membuat perubahan.

2. Menuliskan anggaran keuangan

Kedua, Anda disarankan membuat anggaran keuangan. Anda perlu mengatur batas wajar untuk semua pengeluaran.

Fungsi membuat anggaran ini adalah untuk mengetahui di mana setiap rupiah yang telah pergi. Dengan melakukan hal ini, kita bisa membuat pendapatan dan pengeluaran seimbang, agar tidak besar pasak daripada tiang. (Baca: Lebih Besar Pasak daripada Tiang, Bagaimana Cara Mengatasinya?)

3. Transaksi menggunakan uang tunai

Selanjutnya, Anda mungkin perlu untuk beralih ke uang tunai dan mencegah diri dari overspending kartu kredit pada awal bulan. Hal ini dapat menjauhkan dari ketergantungan kartu kredit.

4. Berhenti membawa kartu kredit

Berikutnya, Anda perlu berhenti membawa kartu kredit saat berpergian. Saat tidak melihat kartu kredit di dompet kesayangan, Anda tidak akan bisa menggunakannya.

5. Buatlah skala prioritas

Kemudian, buatlah skala prioritas. Ingat, bahwa makanan dan tempat tinggal Anda lebih penting daripada sepatu baru, iPhone atau komputer. Jika tidak membuat skala prioritas, Anda kemungkinan akan menggunakan kartu kredit saat uang habis. (Baca: Skala Prioritas agar Sukses Merencanakan Keuangan Anda)

6. Buatlah dana darurat

Menyimpan uang untuk dana darurat, sehingga Anda tidak perlu menggunakan kartu kredit dalam keadaan penting yang membutuhkan uang banyak. Memiliki dana darurat juga dapat melindungi tabungan Anda.

7. Lunasi semua utang

Tips terakhir, lunasilah semua utang Anda. Melunasi utang akan mengurangi beban dan pengeluaran sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan ataupun membeli barang yang diinginkan, dan tidak menggunakan kartu kredit. (poy)

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section