1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Stop! 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Jatuh Miskin

Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan, jangan emosi sesaat namun menyesal di kemudian hari.

By Abdul Kharis 8 Maret 2016 17:29
Ilustrasi uang (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Masyarakat yang pandai mengelola uang, masih bisa menemukan masalah keuangan. Apalagi jika Anda telah terjatuh ke dalam salah satu kebiasaan buruk dengan uang yang berbahaya untuk kehidupan ekonomi.

Mengutip dari budgeting.about.com. Berikut kebiasaan buruk dengan uang yang dapat membuat masalah keuangan di hidup Anda.

1. Tergesa-gesa dalam berbelanja

Pembelian barang dan mengeluarkan uang dengan emosi patut dihindari. Anda tidak bisa melewatkan midnight sale atau ingin memiliki barang yang diinginkan dibeli secepatnya. Anda langsung membelinya sebelum berpikir rasional tentang apakah benar-benar dibutuhkan atau bisa dibeli dengan keuangan pribadi.

Sebaiknya batasi pengeluaran, dengan cara memaksa diri untuk menunggu dalam jangka waktu tertentu (satu sampai 30 hari) sebelum melakukan pembelian. Ini akan memberi waktu untuk berpikir tentang keputusan Anda dan kemungkinan akan menyadari bahwa barang itu tidak dibutuhkan.

2. Tidak memiliki anggaran keuangan

Anda tidak akan pernah bertahan secara finansial apabila tidak memiliki anggaran keuangan. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak uang yang dikeluarkan.

Hal ini memungkinkan untuk membuat perubahan, membantu Anda menghemat lebih banyak uang dan menghindari menghabiskannya dengan hal yang tidak berguna setiap bulan.

3. Mengandalkan Kartu Kredit

Mengandalkan kartu kredit adalah dosa besar, kecuali Anda dapat membayar saldo secara penuh setiap bulan. Menggunakan kartu kredit adalah salah satu hal terburuk untuk finansial Anda. Terutama jika dipakai hanya untuk memenuhi gaya hidup.

Setiap rupiah yang Anda pinjam, akan berlipat karena bunga yang besar.

4. Mencintai kenyamanan

Jika Anda menemukan diri secara teratur melakukan pembelian kenyamanan, hal ini akan membuat pribadi menjadi malas. Berhenti membeli makanan cepat saji setiap hari dan belajarlah untuk memasak.

Berhenti membeli coffe latte yang mahal di kedai kopi, lebih baik bangun 5 menit lebih awal untuk menyeduh secangkir kopi di rumah sebelum bekerja.

5. Menghabiskan uang untuk hal yang tak perlu

Anda sering menghabiskan uang untuk hal yang tak perlu setiap harinya seperti membeli rokok setiap hari atau membeli barang diskon secara berlebihan.

Intinya, Anda harus berpikir matang sebelum menghabiskan uang. Keluarlah dari kebiasaan buruk menghabiskan uang untuk hal yang tak perlu dan atur pola hidup Anda. (dwq)

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section