1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Ini 9 Ide Dapatkan Penghasilan Tanpa Bekerja

Memang sulit menambah penghasilan di luar gaji bulanan saat Anda sibuk bekerja.

By Abdul Kharis 10 Maret 2016 16:31
Ilustrasi uang (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Ingin membuat lebih banyak penghasilan, tetapi merasa seperti tidak memiliki waktu atau energi untuk mengambil lebih banyak pekerjaan?

Memang sulit menambah penghasilan di luar gaji bulanan saat Anda sibuk bekerja. Meski demikian bukan berarti tidak bisa.

Dikutip dari frugalliving.about.com, Kamis, 10 Maret 2016, berikut adalah beberapa ide penghasilan pasif untuk dipertimbangkan.

1. Gunakan kartu kredit berhadiah

Jika Anda teratur membayar kartu kredit setiap bulan, gunakanlah kartu berhadiah untuk semua pembelian. Ini cara mudah untuk mendapatkan jutaan rupiah setiap tahun, hanya dengan membeli hal-hal yang Anda mau.

Untuk memaksimalkan penghasilan, pilihlah kartu dengan persentase cashback tertinggi.

2. Mencari promo di online shop

Perlu membeli sesuatu secara online? Carilah promo yang menarik saat membeli online dan dapatkan persentase dari setiap pembelian, dalam bentuk kartu hadiah atau cek.

3. Pindahkan dana darurat ke rekening bank yang mendapatkan bunga tinggi

Memindahkan dana darurat Anda dan rekening tabungan ke bank yang mendapatkan bunga tinggi. Jika Anda tidak akan membutuhkan uang untuk sementara waktu, pertimbangkan untuk mengikuti deposito.

4. Sewakan perabotan tidak terpakai

Jangan biarkan perabotan Anda tidak terpakai. Menyewakan rumah, mobil, dan perabotan lain yang menganggur. Pastikan Anda memahami risiko dan memiliki asuransi yang memadai untuk melindunginya.

5. Menjual pohon

Memiliki tanah kosong? Menjual beberapa pohon, kemudian menanamnya kembali sehingga Anda bisa menjualnya lagi. Masyarakat banyak yang tertarik dengan pohon bonsai, selain murah, pohon jenis ini juga mudah dirawat.

6. Memasang iklan di mobil Anda

Punya mobil eye catching dan menghabiskan banyak waktu di jalan? Memungkinkan untuk memasang iklan di mobil Anda dan mendapatkan penghasilan bulanan dari perjalanan sehari-hari.

7. Investasi di saham-saham yang dapatkan dividen

Membangun portofolio saham yang membayar dividen, dan menikmati kuartalan atau cek tahunan dari perusahaan tempat Anda berinvestasi merupakan hal yang baik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

8. Berinvestasi di properti sewa

Membeli properti yang murah, dan menyewakannya untuk menghasilkan pendapatan bulanan untuk diri sendiri. Jika Anda tidak ingin berurusan dengan keluhan penyewa dan memperbaiki masalah, bisa dilakukan deengan menyewa seorang manajer properti.

9. Jual ide Anda

Memiliki banyak ide-ide besar di kepala? Mengubahnya menjadi sebuah e-book, aplikasi, e-kursus atau beberapa produk lain yang dapat dijual adalah sesuatu yang kreatif. Setelah pekerjaan di kantor selesai, Anda dapat menikmati uang dari menjual ide. (poy)

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section