1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ingin Hunian Idaman? Ini 3 Tahapan Beli Rumah

Membeli rumah untuk pertama kalinya akan mengalami proses yang sulit.

By Abdul Kharis 11 Maret 2016 07:35
Ilustrasi rumah 'impian' pertama (youtube.com)

Money.id - Para pengantin baru atau para lajang yang baru memulai bekerja umumnya mendambakan memiliki rumah sendiri. Tetapi tunggu dulu, sebelum membelinya, matangkan dulu rencana Anda.

Mengutip dari investopedia.com, Kamis, 10 Maret 2016, membeli rumah untuk pertama kalinya, akan mengalami proses yang sulit. Berikut tiga tahapan, sebelum dan sesudah membeli rumah pertama.

Tahap pertama, ketika Anda mempertimbangkan rencana jangka memiliki rumah, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti apa jenis rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda? 

Dan juga, fitur apa yang ingin dimiliki di rumah? Berapa biaya yang diperlukan? Siapa yang akan membantu Anda menemukan rumah dan memandu melalui transaksi pembelian? Setelah semua pertanyaan itu terjawab, berarti Anda sudah siap untuk membeli rumah pertama.

Tahap selanjutnya adalah proses pembelian. Hal pertama yang dilakukan adalah cari rumah melalui agen real estate ataupun secara online. Bisa juga menanyakan tentang rumah yang akan dijual kepada teman-teman dan saudara.

Sewaktu membeli, tinjau dan sisakan uang untuk kebutuhan lainnya. Jangan habiskan uang saat membeli rumah.

Tahap setelah resmi memiliki rumah. Beberapa tips untuk membuat hidup nyaman di rumah baru seperti, terus menabung untuk biaya tak terduga, seperti mengganti atap yang bocor. Lalu, lakukan perawatan rutin pada rumah baru Anda setiap tahunnya. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section