1. HOME
  2. FINANCE

Corona Bikin Pariwisata Indonesia Rugi Rp7 Triliun

Pemerintah sudah melakukan berbagai antisipasi yang sesuai dengan petunjuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

By Ismoko 26 Februari 2020 10:31
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Money.id - Virus Corona yang bermula di Wuhan, China, tak hanya menyebabkan kematian manusia. Virus yang belum ada penangkalnya itu juga menjangkiti bisnis pariwisata, termasuk di Indonesia.

" Sektor pariwisata diprediksi kehilangan potensi pendapatan sebesar USD 500 juta per bulan karena terdampak wabah Coronavirus," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 25 Februari 2020.

Dengan kurs US$1 setara dengan Rp13.951, angka itu senilai Rp6,9 triliun. Menurut Luhut, potensi kerugian itu berdasarkan laporan Bank Indonesia.

Selain sektor pariwisata, sejumlah proyek yang sedang digeber Indonesia menjadi terhambat, salah satunya pembangunan kereta cepat Jakarta - Bandung. Menurut Luhut, hambatan tersebut tergung seberapa lama virus Corona bisa dihentikan.

" Kemungkinan akan molor beberapa bulan dari jadwal," tambah Luhut.

Dia menambahkan, pemerintah sudah melakukan berbagai antisipasi yang sesuai dengan petunjuk Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). (Sumber: Eko Huda/Dream.co.id)

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section