1. HOME
  2. FINANCE
MONEY TUESDAY

Begini Diskon-diskon ala Ramayana

"Barang yang rusak tidak kami berikan kepada customer."

By Putri Nabilla 15 Desember 2015 17:30
Banjir diskon di Ramayana ( Putri Nabilla / Money.id )

Money.id - Ramayana departemen store menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk berbelanja di perayaan hari besar seperti idul fitri, imlek, natal, dan tahun baru. Pasalnya, mereka 'berani' memberi diskon besar-besaran dengan harga murah yang sulit ditolak.

Dengan menyasar kalangan middle-low, Ramayana departemen store selalu mendapatkan hati pelanggan setianya. Diskonan dan potongan harga dengan berbagai promosi menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para konsumen.

"Diskon paling besar yang kita berikan sampai 70 persen dan diskon terbesar itu di bagian fashion, tapi biasanya jika ingin menghabiskan barang diskonnya bisa sampai 70+20 persen," ujar salah satu staf Ramayana Pasar Minggu, yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Money.id, Selasa 15 Desember 2015.

"Untuk bulan ini, kami ada satu juta pasang sepatu dan tas untuk didiskon, dan itu termasuk diskon plus, bisa 50+20 atau juga 50+40 persen," tambahnya.

Diskonan sepatu / Putri Money.id

Lalu darimanakah asal barang-barangnya?

Tidak semua barang-barang yang didiskon berasal dari produk fresh atau terbaru, tetapi memang ada juga barang-barang atau produk baru yang dikirimkan dari pusat dan memang dikhususkan untuk didiskonkan.

"Kalau kita biasanya untuk menghabiskan barang, melihat aging product atau umur barang tersebut, jika usianya tiga sampai empat bulan dengan kondisi masih banyak yang tentunya masih bagus. Karena meskipun usianya di atas tiga bulan, bila ada kerusakan atau apa, nanti akan kita likuidasi dan tidak akan kita jual ke customer," jelasnya.

Barang diskonan / Putri Money.id

Bagaimana perhitungan dan mekanismenya?

"Untuk perhitungan dan margin diskon semuanya ketentuan dari pusat dan merata berlaku di seluruh store secara nasional, kami hanya menjalankan. Kalau untuk brand-brand terpisah bukan milik Ramayana, itu ditentukan oleh mereka sendiri dan kita sistemnya bagi hasil tapi berurusannya dengan pusat, kita hanya urus penjualannya saja," ungkap Agung Purnomo selaku staf operasional bagian promosi Ramayana Pasar Minggu kepada Money.id.

Ramayana departemen store juga biasanya melakukan promosi secara eksternal dan internal. Promosi eksternal, misalnya memasang baliho, spanduk, umbul-umbul, sebar brosur, dan acara jumpa artis hiburan. Acara seperti ini biasanya dilakukan di toko yang besar, seperti Karawang dan Depok.

"Internal, kami ada program member card yang punya keunggulan diskon diskon tambahan secara khusus,” papar Agung.

Rata-rata, kata dia, diskon berkisar antara 20-50 persen. Namun, ada juga barang yang aging product di atas enam bulan, kemudian didiskon hingga 90 persen. "Semua tergantung kebijakan pusat,” tambahnya.  (ita)

(pn/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section