1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS ONLINE

5 Cara Sukses Berbisnis Online, Patut Dicoba!

Selain modalnya bisa ringan, bisnis online juga bisa mengantar Anda menjadi pengusaha sukses.

By Dwifantya Aquina 13 Maret 2017 08:44
Bisnis online (cheapersasp.net)

Money.id - Di era internet, bisnis online memiliki tempat spesial di hati konsumen. Sementara dari sisi pelaku, bisnis online merupakan peluang untuk mendapatkan keuntungan. Untuk Anda yang baru mulai berbisnis, ada baiknya untuk memmulai dengan bisnis online.

Selain modalnya bisa ringan, bisnis online juga bisa mengantar Anda menjadi pengusaha sukses. Berikut ini 5 cara bila Anda ingin sukses bisnis online seperti dikutip CekAja.com.

Waspada dengan penipu

Ada banyak moduse penipuan dalam bisnis online. Misalnya mengirimkan bukti transfer palsu kepada penjual. Hal ini terjadi pada situs jual beli online yang tidak menggunakan layanan rekening bersama melainkan via transfer rekening. Selanjutnya, modus penipuan dengan berpura-pura melakukan transfer saat COD.

Untuk modus satu ini, Anda perlu gunakan internet ataupun mobile banking yang memiliki layanan cek sald secara instan. Yang paling parah, adalah membawa kabur barang saat sedang COD. Biasanya, barang yang dijual berkaitan dengan alat transportasi seperti mobil atau motor. (Baca juga: Ini Beda Pengeluaran Konsumen Makanan Organik dan Non Organik)

Gunakan video sebagai alat marketing

Di era digital di mana sosial media menjadi alat memajang produk jualan kita, video menemukan arti penting. Sebab, dengan video, calon pembeli bisa mendapatkan informasi dan gambar secara utuh. Video yang menarik bahkan bisa meningkatkan penjualan lebih efektif dibandingkan foto dan tulisan. Oleh karenannya, sudah saatnya Anda memaksimalkan video untuk mengkampanyekan produk yang Anda jual.

Modal mini bukan masalah

Di era digital, modal bukanlah segalanya. Tanpa modal barang sekalipun, Anda tetap bisa berjualan dengan menjadi reseller atau dropshiper. Yang perlu Anda lakukan adalah memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan selisih keuntungan dari produk orang yang berhasil Anda jual.

Cara kerjanya, reseller atau dropshiper melakukan pembelian langsung pada produsen atas namanya yang kemudian dikirimkan langsung oleh produsen pada konsumen dengan mencantumkan alamat dan nama toko Anda. Seolah-olah produk tersebut memang Anda produksi dan Anda kirim sendiri.

Jual jenis barang yang paling dicari

Semakin produk Anda dibutuhkan masyarakat, semakin besar pula peluang untuk sukses. Untuk itu, pastikan produk yang Anda jual adalah produk unggulan. Anda bisa menggunakan riset lembaga tertentu untuk mengetahui produk mana yang paling dicari secara online.

Misalnya menggunakan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016. Pada survei tersebut ditemukan bahwa tiket, kebutuhan rumah tangga dan produkfesyen adalah tiga jenis barang paling diburu orang saat berbelanja online. Pastikan Anda memiliki produk yang dimaksud.

Jangan gampang menyerah

Sukses dalam berbisnis tidak bisa instan. Namun, banyak pelaku bisnis online pemula, khususnya yang masih muda, tidak memiliki mental petarung. Mereka terlalu mudah menyerah ketika menghadapi masalah. Padahal, semua pebisnis pasti pernah mengalami masalah dan hambatan. Mereka justru bisa sukses karena berhasil mengatasi hambatan tersebut dengan kesabaran dan kecerdikan. (Baca juga: Kendaraan Murah Berikut Ini Pernah Jadi Incaran Banyak Orang)

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section