1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Apa Barang Pertama yang Dijual via Internet?

Ternyata transaksi online pertama di dunia jauh dari perkiraan banyak orang.

By Adhi 30 Agustus 2016 08:35
Ilustrasi

Money.id - Internet mungkin sudah menjadi platform jual beli terbesar di dunia saat ini. Bahkan, menurut data yang dirilis lembaga riset Fast Company, internet berkontribusi sebesar USD2,2 triliun terhadap perdagangan global per tahun.

Menariknya, bila kita tarik mundur ke belakang, ternyata transaksi online pertama di dunia jauh dari perkiraan banyak orang.

Menurut Anda, produk apa yang diperjualbelikan pertama kali di internet? Komputer? Makanan? Baju? Bukan, jawabannya adalah ganja. Ya, barang terlarang tersebut menjadi produk pertama dijual via internet dan transaksi online ini dilakukan oleh seorang mahasiswa!

Menurut laporan Fas Company, di antara tahun 1971 hingga 1972, mahasiswa Universitas Stanford menggunakan akun internet 'Arpanet' di laboratorium Artificial Intelligence di kampus tersebut untuk melakukan jual beli ganja dengan mahasiswa Massachussetts Institute of Technology (MIT). Tentu, hal ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi sebelum akhirnya terungkap.

Ironisnya, sejak saat itu, semua jenis narkoba banyak dijual secara online. Dari tahun 70an hingga 90an, perdagangan narkoba online berkembang pesat. Bahkan, di tahun 2015 saja, ditemukan 73 jenis narkoba baru dipasarkan di internet. Hampir 50 jenisnya berbahan dasar ganja.

Melihat fakta tersebut, tentu kita wajib waspada dan ikut mengawasi orang-orang di sekitar kita agar tidak tersangkut jual beli narkoba online.

Alasannya jelas, sekitar 40 persen pengguna internet global atau lebih dari 1 miliar orang dipastikan pernah membeli barang online. Alhasil, saat manusia berkenalan dengan internet, sangat besar peluangnya untuk bersentuhan dengan transaksi online.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section