1. HOME
  2. DIGITAL
BISNIS PROPERTI

Berkat Internet, Bisnis Properti Makin Kinclong

Masyarakat kian mencari cara yang lebih mudah dan nyaman untuk mencari properti.

By Adhi 5 Agustus 2016 09:05
Ilustrasi (Indianxpress.com)

Money.id - Internet telah mengubah cara hidup masyarakat seluruh dunia. Mulai dari mengubah kebiasaan mereka dalam terkoneksi satu sama lain, berbelanja, hingga cara membeli sebuah aset properti.

Di industri real estate, internet telah memberi banyak perubahan. Kini semakin banyak orang di negara berkembang meninggalkan cara tradisional dalam membeli rumah dan lebih mengandalkan pencarian secara online. Tren ini semakin populer seiring dengan penetrasi internet di negara berkembang, khususnya Asia dan Amerika Latin.

Sebagai bukti nyata, di Bangladesh, 30% masyarakat kini telah menggunakan internet. Jumlah ini meningkat sekitar 12% sejak Januari 2014. 70% dari jumlah kunjungan web di Bangladesh didapat dari akses internet melalui telepon genggam dan 29% didapat dari akses melalui komputer atau laptop.

Online dan Transparan

Dewasa ini, masyarakat kian mencari cara yang lebih nyaman untuk mencari properti. Para pemburu hunian di era digital sekarang ini mendambakan kemudahan akses. Mereka ingin membeli dan menjual properti dengan mudah dimana saja, kapan saja. Orang-orang kian meninggalkan cara mencari, menjual, membeli properti lewat iklan di koran atau selebaran.

Inilah mengapa aplikasi dan website pencarian properti menjadi lebih populer dibanding sebelumnya. Keamanan transaksi online pun semakin kuat dan orang kian tertarik untuk mengunjungi portal properti online.

Melihat hal tersebut, Lamudi, salah satu situs properti teropuler menjembatani masyarakat di beberapa negara berkembang agar lebih mudah dalam menemukan properti mereka secara online.

"Kita dapat lihat, sekarang orang membuka aplikasi Lamudi ketika dalam perjalanan menuju kantor, pada saat makan siang atau kapanpun mereka memiliki waktu luang. Sebelumnya, mencari properti dijual atau disewakan sangatlah sulit, namun kini itu bukan masalah besar lagi karena orang bisa mencari properti yang diidamkan kapan saja mereka mau," ujar Mart Polman, pendiri Lamudi Indonesia dalam keterangan persnya.

Demografi dan Tren Masa Depan

Umumnya, anak muda kini lebih sering menggunakan cara online untuk mencari rumah. Di Meksiko, masyarakat yang berusia antara 25 - 34 tahun lebih senang mencari properti melalui Lamudi. Sebuah survei terbaru menunjukkan 60.1% dari pencari properti di Meksiko adalah wanita.

Teknologi terbaru dalam pencarian properti secara online yang mungkin akan booming di masa mendatang adalah virtual reality (VR). Kini, mulai banyak orang yang membeli perlengkapan VR seperti headset dan lain-lain. Hal itu membuat kita tidak sabar untuk segera melihat apa dampak VR pada bidang real estate di masa mendatang.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section