1. HOME
  2. DIGITAL
TOKO ONLINE

Transaksi di Tokopedia Capai Triliunan Rupiah Tiap Bulan

Lebih dari 16,5 juta produk terkirim ke seluruh tanah air per bulannya

By Adhi 18 Agustus 2016 14:03
CEO Tokopedia William Tanuwijaya (Merdeka.com)

Money.id - Bersama India dan China, Indonesia diprediksi bakal menjelma menjadi salah satu raksasa lini bisnis e-commerce di wilayah Asia Pasifik pada tahun 2016 ini.

Tak tanggung-tanggung, nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada 2016 diprediksi akan mencapai angka US$4,89 miliar atau sekitar lebih dari Rp68 triliun.

Prediksi tersebut faktanya bukan omong kosong belaka. Salah satu buktinya dapat dilihat dari raihan transaksi yang berhasil dicatatkan salah satu e-commerce terbesar di tanah air, Tokopedia.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan saat ini transaksi di layanannya sudah menembus angka triliunan rupiah dengan lebih dari 16,5 juta produk terkirim ke seluruh tanah air per bulannya.

Ia memaparkan, berdasarkan data yang dirilis SimilarWeb, Tokopedia berhasil menjadi situs yang paling populer bagi netizen Indonesia.

"Ini mengalahkan Twitter dan Wikipedia. Data dari AppAnnie di semester pertama tahun 2016 juga menunjukkan bahwa aplikasi Tokopedia adalah aplikasi yang sering digunakan oleh penggemar jual beli online se-Indonesia. Total pengguna aktifnya dua kali lipat lebih besar dibandingkan pemain e-commerce lain," terangnya saat acara ulang tahun ke-7 Tokopedia di Jakarta, Rabu 17 Agustus 2016.

Dikatakannya, Tokopedia mengalami perubahan yang sangat signifikan terkait kunjungan dan kontribusi transaksi dari perangkat bergerak atau mobile. Dia menyebutkan, saat dua tahun lalu, kunjungan dari perangkat bergerak mencapai angka 56 persen, namun kontribusi transaksi baru di kisaran 29 persen.

"Berbeda jauh dengan saat ini. Pada akhir semester pertama 2016, 79,55 persen kunjungan sudah berasal dari perangkat bergerak dan lebih menariknya lagi, kontribusi transaksi dari mobile sudah mencapai angka 73,58 persen," terangnya seperti dikutip dari laman Merdeka, Kamis 18 Agustus 2016.

Kini per bulannya, total kunjungan halaman di Tokopedia sudah mencapai 1,3 miliar laman. Selain itu, William juga mengklaim jika Tokopedia telah berkontribusi ratusan miliar rupiah per bulan untuk industri logistik dalam negeri. (dwq)

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section