1. HOME
  2. DIGITAL
YOUTUBE

Untuk Urusan Video, YouTube Masih Lebih 'Gagah' dari Facebook

Diprediksi rata-rata per harinya pengguna di seluruh dunia menonton video hingga ribuan jam melalui YouTube.

By Adhi 4 Februari 2016 16:50
YouTube (businessinsider.com)

Money.id - Di ranah media sosial, Facebook adalah 'rajanya'. Bagaimana tidak, jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu kini dilaporkan telah memiliki 1,59 miliar pengguna aktif di berbagai penjuru dunia.

Meski begitu, untuk urusan layanan streaming video, YouTube diklaim masih unggul. CEO Google SundarPichai di hadapan para investor mengungkapkan bahwa pengguna YouTube terbiasa menonton video dalam durasi yang cukup lama.

Bahkan, diprediksi rata-rata per harinya pengguna di seluruh dunia menonton video hingga ribuan jam melalui YouTube.

Meski tak diungkapkan secara pasti jumlah pengguna YouTube, namun diyakini bahwa layanan tersebut telah dinikmati oleh lebih dari 1 miliar pengguna. Jumlah tersebut disebutkan mengalami pertumbuhan sebesar 40 persen per tahunnya sejak Maret 2014. Demikian seperti yang dikutip dari laman Business Insider, Kamis 4 Februari 2016.

Sebelumnya, Facebook juga mulai memfokuskan diri ke sektor layanan streaming video. Pada akhir 2015 lalu, Facebook mengklaim bahwa fitur video mereka berhasil mencapai 8 miliar views per harinya.

Sementara menurut data yang dirilis Bloomberg, ada sekira 500 juta orang yang menonton video di Facebook setiap harinya.

Akan tetapi, tak sedikit yang meragukan pencapaian Facebook tersebut. Sebab, durasi video yang ditonton pengguna Facebook tidak memperlihatkan kondisi sebenarnya.

Secara teknis, Facebook memiliki fitur auto-play yang memungkinkan video otomatis diputar langsung di timeline pengguna. Selain itu, Facebook juga menghitung sebuah video sudah ditonton ketika telah diputar selama tiga detik.

Oleh karenanya, tidak tertutup kemungkinan jika sebenarnya banyak pengguna Facebook yang tidak menonton video di timeline mereka, atau tak sedikit pula yang menonton video, namun tidak sampai selesai.

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section