1. HOME
  2. DIGITAL
ANDROID

Temukan Cacat di Sistem Operasi Android Bisa Bikin Kaya Mendadak

Beberapa tahun belakangan ini Google secara rutin menggelar sayembara penemuan bug berhadiah uang.

By Adhi 19 Juni 2016 14:30
Ilustrasi (slashgear.com)

Money.id - Seperti yang diketahui, Android adalah sistem operasi mobile terpopuler di dunia. Hampir lebih dari 80 persen perangkat mobile, baik smartphone maupun tablet, yang beredar di pasaran saat ini mengusung sistem operasi Android.

Dengan kondisi tersebut, maka tak heran jika Google selaku empunya Android selalu ingin menyempurnakan platform mobile besutannya tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memperbaik celah atau cacat keamanan (bug) pada Android.

Bagi sistem operasi yang digunakan oleh jutaan perangkat seperti Android, keberadaan bug atau kesalahan sistem bisa sangat mengkhawatirkan, terutama bila bug tersebut ditemukan oleh hacker dan disalahgunakan.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu, beberapa tahun belakangan ini Google secara rutin menggelar sayembara penemuan bug berhadiah uang.

Berdasarkan data terbaru Google, program 'Android Security Reward' telah menggelontorkan uang senilai Rp7,3 miliar dalam kurun waktu dua tahun terakhir bagi para developer yang berhasil menemukan bug di sistem operasi Android dan melaporkannya kepada Google. Jumlah orang yang menerima hadiah dari sayembara itu tercatat sudah mencapai 82 orang hingga saat ini.

Menariknya lagi, menurut yang dilansir laman Techcrunch, Google di tahun 206 ini menaikkan angka hadiah penemuan bug Android. Awalnya, Google hanya menawarkan Rp40 juta untuk penemuan satu bug Android, namun kini jumlahnya naik hingga Rp53 juta per satu bug.

Angka tadi hanya untuk bug-bug Android kelas "ringan". Sementara bagi mereka yang menemukan bug Android dengan tingkat bahaya tinggi bisa mengantongi Rp400-650 juta lebih per bug!

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section