1. HOME
  2. DIGITAL
ANDROID

Google Siapkan Fitur yang Akan Bikin Jengkel Pencuri Ponsel Android

Selain itu, pengguna akan terhidar dari penyalahgunaan data saat ponsel tersebut dicuri.

By Nur Chandra Laksana 9 Juni 2016 10:01
Ilsutrasi Keamanan (pixabay.com)

Money.id - Sistem pengamanan saat kehialngan ponsel Android memang dinilai masih sangat rendah. Sebab, banyak orang yang mengeluh saat mereka kehilangan ponsel pintar, data yang ada di dalam ponsel tersebut juga terancam bisa disalahgunakan oleh para pencuri.

Mendengar keluhan ini, sekelompok tim Google kini sedang mengembangkan sebuah fitur yang bisa membuat data pemiliknya aman, bahkan bisa membuat pencuri tersebut jengkel.

Dilansir dari laman ZDNet, fitur yang diberi nama Kill Switch ini akan mampu menghapus data yang ada di dalam ponsel tersebut.

Bahkan, dalam fitur ini dapat membuat ponsel yang telah dicuri masuk ke dalam keadaan brick -- sebuah keadaan perangkat lunak dalam keadaan eror -- secara permanen. Hal ini pastinya akan membuat para pencuri ponsel kebakaran jenggot.

“Saat recovery dimulai dengan -brick, perangkat akan melakukan brick dengan menghapus semua partisi seperti yang terdaftar di /etc/recovery.brick,” tulis penjelasan di laman AOSP.

Pabrikan perangkat bisa menentukan partisi mana saja -- termasuk kartu memori microSD -- yang bakal dihapus saat fungsi brick dijalankan. Fitur ini bakal menghapus bagian recovery, boot, dan bootloader sehingga perangkat hampir tidak mungkin bisa dihidupkan kembali.

Dengan fitur ini, pihak Google menjamin keamanan data para pengguna ponsel Android. Dan pastinya, fitur ini akan membuat para maling kesal. (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section