1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTFREN

Smartfren Rilis Dua Smartphone VoLTE Pertama di Indonesia

VoLTE merupakan layanan voice call yang menggunakan jaringan 4G-LTE melalui IMS, yang memiliki jalur khusus.

By Nur Chandra Laksana 19 Februari 2016 19:59
Peluncuran layanan VoLTE Smartfren (Nur Chandra/Money.id)

Money.id - Sebagai salah satu penyedia layanan seluler terbesar di Indonesia, Smartfren terus mewujudkan komitmennya untuk mempercepat penetrasi 4G LTE. Salah satunya adalah dengan menghadirkan inovasi teknologi Voice over LTE (VoLTE).

Teknlogi VoLTE dihadirkan Smartfren pada dua smartphone terbarunya, yakni Andromax E2 dan Andromax R2. "Hari ini Smartfren kembali mengungguli operator lain dengan mengeluarkan jaringan VoLTE, berikut perangkatnya," ujar Presiden Direktur PT Smartfren Telecom, Merza Fachys, di Jakarta, Jumat 19 Februari 2016.

Christian Daigneault, Chief Technical Officer PT Smartfren Telecom menjelaskan bahwa VoLTE merupakan layanan voice call yang menggunakan jaringan 4G-LTE melalui IMS (IP multimedia subsystem), yang memiliki jalur khusus.

"VoLTE merupakan salah satu cara berkomunikasi terdepan di era 4G. VoLTE menyajikan kualitas suara yang sangat jernih dan memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video call cukup dengan mengaktifkan opsi video pada layar," terang Christian.

Dengan menggunakan jalur khusus tersebut, penggunanya bisa mendapatkan kualitas suara yang sudah "HD voice", sehingga akan terasa jauh lebih jernih. Selain itu, teknologi ini bisa mengurangi background noise.

Lebih lanjut, meski pengguna tidak memiliki paket data, pengguna Andromax E2 dan Andromax R2 nantinya akan tetap bisa menggunakan layanan VoLTE, asalkan memiliki pulsa reguler untuk menelepon.

Layanan VoLTE sendiri diklaim sudah bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan di 85 kota di Indonesia. (dhi/ita)

(a/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section