1. HOME
    2. DIGITAL
STARTUP

Apa Itu Finansial Technology (Fintech)?

Fintech merupakan cabang startup kedua terpopuler setelah e-commerce.

By Adhi 19 Februari 2016 18:59
Ilustrasi mobile payment (pixabay.com)

Money.id - Dunia saat ini telah memasuki era revolusi industri keempat yang ditandai oleh meleburnya garis batasan yang sebelumnya memisahkan dunia digital, fisik dan biologi.

Sama seperti yang terjadi pada revolusi industri sebelumnya, revolusi industri keempat ini dilandasi oleh teknologi baru yang akan mengubah seluruh rantai produksi dan manajemen di setiap cabang industri di seluruh negara.

Di dalam industri keuangan, kehadiran revolusi industri keempat dapat ditemukan dalam bentuk financial technology (fintech) yang belakangan ini semakin populer dan kerap digunakan oleh kalangan penggiat teknologi dan media.

Jadi, apa itu fintech?

Walaupun belum memiliki definisi baku, pada dasarnya fintech adalah sebuah segmen dari dunia startup yang memiliki fokus untuk memaksimalkan penggunaan teknologi guna mengubah, mempercepat atau mempertajam berbagai aspek dari layanan keuangan yang tersedia saat ini. Mulai dari metode pembayaran, transfer dana, pinjaman, pengumpulan dana, hingga pengelolaan aset.

Berdasarkan studi yang dilakukan Accenture di wilayah Asia Pasifik, nilai investasi ke dalam bidang fintech selama sembilan bulan pertama di tahun 2015 sudah mencapai US$3,5 miliar atau hampir empat kali lebih besar dari angka US$880 juta yang tercatat sepanjang tahun 2014.

Di Indonesia sendiri, menurut data yang dilansir DailySocial, fintech sebagai kategori kedua terpopuler setelah e-commerce berdasarkan jumlah startup yang menerima pendanaan secara umum sepanjang 2015.

SELANJUTNYA >>

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section